Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Dunia Soal Pertemuan KTT Antar-Korea

Kompas.com - 27/04/2018, 23:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PANMUNJOM, KOMPAS.com - Pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah dilangsungkan di desa perbatasan Panmunjom, Jumat (27/4/2018).

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea itu menjadi yang pertama setelah terakhir digelar lebih dari 11 tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2007 di Pyongyang.

Pertemuan tingkat tinggi itu sangat dinantikan banyak pihak karena menjadi jalan bagi tercapainya denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Berikut ini komentar sejumlah pemimpin negara dan badan internasional menanggapi pertemuan antara dua Korea itu:

1. China

Pemerintah China memuji kedua pemimpin negara Korea yang akhirnya bertemu dengan menyebutnya sebagai "keberanian" politis. Beijing turut menyambut deklarasi bersama untuk denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Baca juga: Korea Utara dan Korea Selatan Siap Akhiri Perang Tahun Ini

Kementerian Luar Negeri China menyebut jabat tangan antara Kim Jong Un dengan Moon Jae-in di garis demarkasi militer yang memisahkan kedua wilayah sebagai "momen bersejarah".

"Kami menyambut baik langkah historis kedua pemimpin Korea dan menghargai keputusan serta keberanian politis mereka," kata juru bicara kementerian, Hua Chunying.

"Kami berharap dan menantikan saat mereka mengambil kesempatan ini untuk lebih membuka perjalanan baru menuju stabilitas jangka panjang di semenanjung," tambahnya.

2. Amerika Serikat (AS)

Presiden AS Donald Trump melalui akun Twitter-nya, pada Jumat (27/4/2018) memuji pertemuan bersejarah antara kedua Korea. Trump mengatakan, hal-hal baik sedang terjadi di wilayah semenanjung.

"Setelah tahun yang ganas dengan peluncuran rudal dan uji coba nuklir, sebuah pertemuan bersejarah antara Korea Utara dengan Korea Selatan sedang berlangsung," tulis Trump.

"Perang Korea akan berakhir! AS dan semua orang-orang besar ini harus berbangga dengan apa yang sedang terjadi di Korea," lanjutnya.

Trump turut memuji Presiden China Xi Jinping yang disebutnya sangat membantu Korea Utara hingga terjadinya pertemuan itu.

"Jangan lupakan bantuan besar yang diberikan teman baik saya, Presiden Xi dari China, kepada AS dan khususnya di perbatasan Korea Utara. Tanpa dia prosesnya akan menjadi jauh lebih lama dan lebih keras," kata Trump di akun Twitter-nya.

3. Jepang

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe turut menyambut baik pertemuan bersejarah antara kedua Korea. Abe mendesak Pyongyang untuk segera mengambil tindakan nyata pada denuklirisasi di Semenanjung Korea serta soal isu-isu lainnya.

"Saya ingin menyambut diskusi yang sungguh-sungguh tentang denuklirisasi Korea Utara antara Presiden Moon Jae-in dengan Ketua Kim Jong Un."

"Itu adalah langkah positif menuju penyelesaian komprehensof berbagai isu mengenai Korea Utara," kata Abe kepada wartawan di Tokyo, Jumat (27/4/2018).

"Kami sangat berharap Korea Utara akan mengambil tindakan nyata melalui pertemuan ini dan pertemuan puncak antara AS dengan Korea Utara," tambahnya.

"Kami akan terus mengawasi pergerakan masa depan Korea Utara," kata Abe lagi.

Baca juga: Kim Jong Un Tak Sangka Garis Perbatasan Korea Begitu Mudah Dilalui

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com