Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Siap Gantikan Rusia Pasok Pesawat Kargo ke NATO

Kompas.com - 27/04/2018, 22:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Perusahaan produsen pesawat milik pemerintah Ukraina, Antonov Airlines, mengatakan bersedia menyediakan lebih banyak pesawat kargo untuk NATO, setelah perusahaan Rusia memutuskan akan menghentikan kontraknya dengan aliansi transatlantik akhir tahun ini.

Antonov Airlines bersama dengan Volga-Dnepr dari Rusia telah menjadi penyedia pesawat kargo untuk NATO di bawah perjanjian Solusi Strategis Airlift Interim (SALIS).

Namun awal April lalu, Volga-Dnepr menyatakan tidak akan memperpanjang kontraknya sebagai penyedia pesawat kargo tipe Antonov 124s untuk pasukan NATO.

Baca juga: Produsen Pesawat Rusia Hentikan Kerja Sama dengan NATO

"Antonov Airlines siap memperluas kerja samanya dengan NATO dan menjamin penyediaan sebanyak mungkin pesawat yang dibutuhkan untuk proyek itu," kata juru bicara perusahaan Ukraina itu kepada AFP, Jumat (27/4/2018).

Sebelumnya dalam kesepakatan SALIS, kedua produsen menyediakan pesawat untuk NATO masing-masing maksimal enam pesawat transportasi.

Namun kemudian Volga-Dnepr, yang merupakan perusahaan terdepan dalam produksi pesawat kargo, memutuskan tak memperpanjang kontraknya dengan NATO karena ingin berhenti menyediakan pesawat untuk militer dan fokus di sektor pesawat komersial.

Ada dugaan yang menyebut penghentian kerja sama tersebut berkaitan dengan ketegangan yang terjadi antara Rusia dengan NATO.

Belum ada tanggapan dari NATO terkait penawaran Ukraina.

Namun awal bulan ini blok itu mengatakan siap bekerja sama dengan negara-negara anggota untuk mengeksplorasi opsi yang memungkinkan guna memenuhi kebutuhan armada udara mereka di masa depan.

Baca juga: Mantan Presiden Ukraina: Rusia Harus Ditekan Lewat Militer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com