Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ri Sol Ju, Ibu Negara Cantik yang Misterius

Kompas.com - 27/04/2018, 21:54 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Salah satu sosok yang menarik perhatian dalam pertemuan bersejarah kedua Korea di desa Panmunjom, Jumat (27/4/2018), adalah Ri Sol Ju, ibu negara Korea Utara.

Meski belakangan banyak tampil di muka publik mendampingi sang suami, Kim Jong Un, termasuk saat berkunjung ke China beberapa waktu lalu, sebenarnya tak banyak yang diketahui soal sosok Ri Sol Ju.

Tak banyak yang diketahui soal latar belakang perempuan yang dalam KTT Korea di Panmunjom tampil segar dengan balutan gaun berwarna merah muda yang elegan itu.

Tak ada yang mengetahui usia Ri Sol Ju, di mana dia dilahirkan, siapa orangtuanya, atau bagaimana kehidupannya sebelum menjadi istri Kim Jong Un. Semuanya masih misteri.

Baca juga : Pertemuan Dua Ibu Negara Korea yang Menyita Perhatian

Bahkan banyak yang mengatakan nama Ri Sol Ju bukanlah nama sebenarnya. Nama itu digunakan sekadar untuk menutupi latar belakang kehidupannya sebelum menjadi ibu negara Korea Utara.

Dia pertama kali tertangkap kamera saat mendampingi Kim Jong Un pada 2012 ketika menghadiri sebuah konser musik di Korea Utara.

Sejak saat itu, Ri Sol Ju dipastikan berstatus istri Kim Jong Un meski informasi soal perempuan ini berhenti sampai di situ.

Setelah konser itu, Ri Sol Ju tampak beberapa kali mendampingi sang suami dalam sejumlah kegiatan antara 2012 hingga 2014.

Kemudian dia kembali menghilang dari muka publik sebelum muncul kembali beberapa waktu terakhir.

Sejumlah sumber di Korea Selatan menyebut Ri Sol Ju dulunya adalah seorang penyanyi atau pemandu sorak. Dia diperkirakan lahir antara 1985 hingga 1989.

Beberapa kalangan mengatakan, Ri Sol Ju pernah berkunjung ke Korea Selatan saat negeri itu menjadi tuan rumah Kejuaraan Atletik Asia 2005. Saat itu Ri datang sebagai anggota tim pemandu sorak Korea Utara.

Baca juga : Ri Sol-ju Bukan Istri Pertama Kim Jong Un

Sumber lain menyebut Ri adalah penyanyi untuk orkestra Unhasu yang tampil di hadapan Kim Jong Un dan ayahnya, Kim Jong Il dalam pentas musik tahun baru 2010.

"Ada kemungkinan Kim Jong Un memilihnya menjadi istri setelah melihat penampilannya dalam konser itu," demikian ditulis harian Korea Selatan, Chosun Ilbo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com