Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara dan Korea Selatan Siap Akhiri Perang Tahun Ini

Kompas.com - 27/04/2018, 17:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PANMUNJOM, KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea yang berlangsung di Panmunjom, Korea Selatan (Korsel) tidak saja membahas denuklirisasi.

Namun juga membahas penyelesaian akhir dari Perang Korea yang berlangsung antara 1950-1953 silam.

Secara teknis, kedua negara sebenarnya masih terlibat perang karena baru menyepakati gencatan senjata pada 27 Juli 1953.

Setelah gencatan senjata, sempat muncul wacana untuk mengggelar pertemuan yang membahas penyelesaian final di Konferensi Jenewa, Swiss, pada 20 Juli 1954.

Baca juga : Kim dan Moon Berencana Bangun Kereta Cepat yang Hubungkan Korsel-Korut

Saat itu, Menteri Luar Negeri China Zhou Enlai mengusulkan agar kesepakatan tersebut bisa dilakukan di kawasan Semenanjung Korea.

Namun, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Foster Dulles menolak gagasan tersebut sehingga deklarasi perang berakhir tidak pernah diumumkan.

Diberitakan AFP Jumat (27/4/2018), Korut dan Korsel menyepakati bakal mencari cara untuk mengakhiri perang secara permanen alih-alih.

Kedua Korea bakal mengatur pertemuan antara China dan Amerika Serikat (AS). Dua negara itu merupakan pihak utama gencatan senjata di 1953.

"Pertemuan itu bertujuan untuk mendeklarasikan perang, dan meneguhkan perdamaian pada rezim saat ini," demikian pernyataan deklarasi tersebut.

Dalam deklarasi tersebut, Presiden Korsel Moon Jae In bersedia untuk berkunjung ke Pyongyang pada musim gugur mendatang.

KTT yang dilaksanakan di Panmunjom ini merupakan pertemuan ketiga setelah KTT dilaksanakan pada 2000 dan 2007, dan untuk kali pertama digelar di wilayah Korsel.

Baca juga : Pembelot Korut: Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi ke Mana Pun Dia Pergi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com