Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelot Korut: Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi ke Mana Pun Dia Pergi

Kompas.com - 27/04/2018, 15:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CBS News

PANMUNJOM, KOMPAS.com - Seorang pembelot Korea Utara (Korut) meyakini, Pemimpin Korut Kim Jong Un bakal membawa toilet khusus saat pertemuan antar-Korea di Panmunjom.

Lee Yun Keol, mantan Komando Garda Korut yang melarikan diri ke Korea Selatan (Korsel) di 2005 berkata, Kim tidak pernah menggunakan toilet umum.

"Dia selalu membawa toilet pribadi ke mana pun dia bepergian," kata Lee dilansir Washington Post via CBS News Kamis (26/7/2018).

Baca juga : Sambut Kim Jong Un, Presiden Moon Sempat Injakkan Kaki di Korut

Alasannya, Korut berusaha melindungi informasi rahasia yang berkaitan dengan pemimpin yang berkuasa sejak 2011 tersebut.

"Kotoran Pemimpin Kim mengandung informasi tentang status kesehatannya. Jelas mereka tidak akan membiarkan hal seperti itu diketahui," jelas Lee.

Toilet pribadi itu tidak hanya dibawa Kim ketika berkunjung ke Korea Selatan, atau China pada 25-28 Maret yang lalu.

Lee menjelaskan, toilet khusus itu bahkan dibawa ketika Kim melakukan inspeksi militer, atau mengunjungi fasilitas pengembangan nuklir Korut.

Seorang sumber di Pasukan Pengamanan Korut berujar, Korut sengaja mendesain toilet itu agar muat di berbagai kendaraan.

"Pada beberapa kendaraan yang melakukan iring-iringan, terdapat satu yang bertindak sebagai kamar kecilnya," kata sumber itu dilansir DailyNK di 2015.

Sebelumnya, Kim membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea di Panmunjom Jumat (27/4/2018) dengan melangkahkan kaki ke kawasan Korea Selatan (Korsel).

Aksi simbolis itu membuat Kim menjadi penguasa Korut pertama yang melintasi wilayah Korsel sejak Perang Korea 1950-1953.

Baca juga : Tidak Punya Dapur, Sekolah di India Masak Makan Siang di Toilet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CBS News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com