Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moon kepada Kim Jong Un: Saya Senang Bertemu Anda

Kompas.com - 27/04/2018, 08:15 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjabat tangan pada Jumat (27/4/2018) di Garis Demarkasi Militer.

Jabat tangan menjadi simbol dimulainya pertemuan bersejarah dua negara di Semenanjung Korea yang selama ini berkonflik.

"Saya senang bertemu Anda," ujar Moon kepada Kim, seperti dilansir dari AFP.

Kim Jong Un menjadi pemimpin pertama Korea Utara yang melangkahkan kaki ke Korea Selatan sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 65 tahun lalu.

Baca juga: Pagi Ini, Dua Pemimpin Korea Berjumpa dalam Pertemuan Bersejarah

Dua pemimpin tersebut mundur selangkah ke garis perbatasan di wilayah Korea Utara sebelum berjalan ke gedung Peace House di sisi wilayah selatan di Desa Panmunjom untuk menggelar pertemuan puncak.

"Kim Jong Un akan secara terbuka berdiskusi dengan Moon Jae-in dalam berbagai isu yang dapat meningkatkan hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran, dan reunifikasi Semenanjung Korea," tulis kantor berita resmi Korea Utara KCNA.

Diwartakan Daily Mail, Kim tiba dengan mobil memasuki Korea Selatan pada pukul 09.30 (KST) atau 06.30 WIB dan pembicaraan keduanya akan digelar satu jam kemudian.

Setiap detail dari pengaturan pertemuan dilaksanakan dengan saksama, seperti jarak kedua pemimpin yang akan duduk terpisah sekitar 2018 milimeter, sesuai dengan angka pada tahun ini.

Jembatan yang akan dilalui Moon dan Kim dicat berwarna biru, warna dari bendera reunifikasi dan PBB.

Setelah sesi pertama berakhir, Kim dan Moon akan makan siang secara terpisah sebelum mengadakan upcara penanaman pohon pada sore hari.

Baca juga: Gedung Putih Rilis Foto Pompeo Berjabat Tangan dengan Kim Jong Un

Pohon pinus akan ditanam di Garis Demarkasi Militer menggunakan tanah dari Gunung Halla di Korea Selatan dan Gunung Paektu di Korea Utara.

Cerita rakyat Korea Utara menganggap gunung tersebut sebagai tempat bapak pendiri bangsa, Kim Il Sung, yang bertempur melawan Jepang setelah Perang Dunia II.

Pertemuan dua Korea sekaligus untuk membuka jalan bagi perjumpaan Kim dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com