Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buron 40 Tahun, Mantan Polisi Pemerkosa 51 Wanita Akhirnya Ditangkap

Kompas.com - 26/04/2018, 18:42 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Pemerintah California, AS pada Rabu (25/4/2018) mengumumkan kesuksesan menangkap mantan polisi yang berjuluk "Pembunuh Golden State" setelah 40 tahun melakuan perburuan.

Pria berusia 72 tahun itu diduga kuat menjadi pelaku serangkaian pembunuhan dan pemerkosaan di negara bagian California pada 1970-an sampai 1980-an.

Joseph James DeAngelo ditangkap di kediamannya tanpa perlawanan pada Selasa (24/4/2018). Demikian disampaikan dalam jumpa pers di ibu kota negara bagian, Sacramento.

Pria yang juga berjuluk "Pemerkosa Wilayah Timur" dan "Sang Penguntit" ini dikaitkan dengan setidaknya 12 pembunuhan, 51 pemerkosaan, dan 120 perampokan antara 1976-1986.

Baca juga : Sempat Buron, Pelaku Penembakan di Nashville Ditangkap

Bersenjatakan senapan dan topeng, Joseph akan membobol rumah seseorang di malam hari, kemudian mengikat dan memperkosa korban yang berusia antara 13-41 tahun.

Jaksa wilayah Sacramento Anne Marie Schubert mengatakan, kini Joseph dijerat dua dakwaan pembunuhan dan sejumlah dakwaan lain segera menyusul.

Anne Marie mengatakan, kepastikan Joseph sebagai pelaku serangkaian kejahatan itu diperoleh lewat tes DNA.

Namun, sang jaksa belum membeberkan rincian terkait petunjuk yang berujung pada penangkapan pria tersebut.

"Skala kasus ini mengharuskan kami menyelesaikannya. Kasus ini amat memengaruhi rakyat negara bagian," tambah dia.

Sementara itu, Sheriff Sacramento Scott Jones mengatakan Joseph DeAngelo sudah dijerat dakwaan pada 2 Februari 1978 dalam kasus pembunuhan pengantin baru Brian Maggiore dan istrinya, Katie.

Keduanya ditembak mati saat berjalan-jalan dengan anjing peliharaan mereka di Rancho Cordova, Sacaramento County.

Baca juga : Conor McGregor Serahkan Diri ke Polisi Setelah Buron Selama 1 Jam

Joseph DeAngelo pernah menjadi polisi di kota Exeter, California pada 1973 hingga 1976. Dia kemudian bertugas di Auburn, California pada 1976-1979 sebelum dipecat karena mencuri sebuah palu dan sekaleng pengusir anjing.

"Amat mungkin dia melakukan kejahatannya di saat dia masih menjadi polisi," kata Jones.

Menurut polisi, kejahatan pertama yang dilakukan sang "Pembunuh Golden State" adalah sebuah kasus perkosaan di Rancho Cordova pada Juni 1976.

Selain memperkosa korban, pelaku juga mengambil sejumlah "suvenir" dari kediaman korban seperti uang logam, uang tunai, tanda pengenal, dan perhiasan.

Sebagian besar serangan awal sang pembunuh berada di kawasan Sacramento tetapi bukti DNA mengaitkan Joseph dengan sejumlah kasus perkosaan dan pembunuhan di kawasan Teluk San Francisco serta wilayah selatan California.

Kasus terakhir yang terkait "Pembunuh Golden State" terjadi pada Mei 1986 ketika seorang remaja perempuan berusia 18 tahun diperkosa dan dibunuh di kota Irvine, California.

Baca juga : Polisi Pembawa Kabur Tahanan Narkoba Ditangkap, Sang Tahanan Masih Buron

Kabar penangkapan sang pembunuh disambut gembira para korban. Salah satunya adalah Jane-Carson Sandler korban kelima Joseph pada 5 Oktober 1976.

"Saya baru mengetahui kabari ini pagi tadi. Saya tak kuasa menahan tangis bahagia," kata Jane kepada harian The Island Packet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com