Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saudi Sumbang Rp 1,3 Triliun untuk Bantuan Kemanusiaan di Suriah

Kompas.com - 26/04/2018, 14:26 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Arab News

BRUSSELS, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi bakal menggelontorkan dana bantuan Suriah senilai 100 juta dollar AS atau Rp 1,3 triliun melalui lembaga kemanusiaan milik Raja Salman.

Pengumuman tersebut merupakan bagian dari paket bantuan kemanusiaan yang diluncurkan oleh Menteri Luar Negeri Adel bin Ahmed Al-Jubeir pada Kamis (25/4/2017), pada acara konferensi internasional untuk masa depan Suriah di Brussels, Belgia.

Diwartakan Arab News, Al-Jubeir menekankan, pertemuan tersebut digelar sebagai respons atas dugaan serangan kimia di kota Douma, Suriah, yang menewaskan puluhan warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak.

"Dunia menghadapi rezim bersekutu dengan kelompok ekstremis," katanya.

Baca juga : Pasukan Rezim Suriah Belum Izinkan Bantuan Kemanusiaan Memasuki Douma

Menurutnya, solusi yang mungkin dapat mengatasi krisis Suriah merupakan solusi politis damai. Dia mengklaim, kerajaan Saudi telah berupaya mencapai hasil tersebut sejak krisis dimulai.

"Kerajaan berharap kesepakatan yang didukung oleh resolusi internasional mengenai gencatan senjata dan pengiriman bantuan kemanusiaan akan terlaksana di seluruh Suriah," ucap Al-Jubeir.

Sejak perang di Suriah meletus, Saudi telah menerima kedatangan sekitar 2,5 juta warga Suriah.

Mereka diberikan akses kesehatan gratis, pekerjaan, dan pendidikan. Universitas dan sekolah di Saudi juga menerima lebih dari 140.000 pelajar Suriah.

Al-Jubeir mengklaim, pemerintah Saudi telah memberi bantuan kepada jutaan pengungsi Suriah di Turki, Yordania, dan Lebanon.

Baca juga : Arab Saudi Akui Bunuh Pemimpin Nomor Dua Pemberontak Yaman

Sejauh ini, jumlah bantuan kemanusiaan yang diberikan pemerintah Saudi mencapai 1 milliar dollar AS atau Rp 13,9 triliun.

Di sisi lain, dua pekan usai pasukannya menguasai kembali wilayah Ghouta Timur, rezim Suriah tetap belum mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan ke Douma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com