Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Tegaskan Kota Raqa Belum Aman Bagi Para Pengungsi Suriah

Kompas.com - 24/04/2018, 22:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

JENEWA, KOMPAS.com - PBB kembali menegaskan bahwa situasi di kota Raqa, Suriah masih belum aman bagi para pengungsi untuk kembali.

Hal tersebut membuat organisasi bangsa-bangsa itu memilih banyak menyediakan bantuan yang terbatas bagi para pengungsi di bekas markas pertahanan ISIS itu.

"Kami tidak ingin memulai program yang terlalu bersemangat karena kami tidak ingin membuat kesan bahwa kota Raqa sudah aman," kata Jakob Kern, Kepala Program Bantuan Pangan Dunia untuk Suriah, Selasa (24/4/2018).

Baca juga: Dua Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Kota Raqa

"Karena pada kenyataannya tidaklah aman. Tidak ada seorang pun yang benar-benar bisa tinggal di sana," tambahnya kepada wartawan di Jenewa.

PBB, awal bulan ini telah menjalankan misi kemanusiaan ke kota Raqa untuk kali pertama sejak dibebaskan dari ISIS pada Oktober 2017 lalu.

Program Bantuan Pangan Dunia saat ini menyediakan bantuan bahan pangan untuk sekitar 50.000 orang di Raqa melalui bantuan mitra lokal di lapangan.

Namun Kern mengatakan, organisasi dunia tidak akan mengirimkan stafnya langsung ke kota itu untuk saat ini.

"Kami memutuskan bahwa masih terlalu berbahaya untuk kami bekerja di sana. Kami tidak akan menempatkan staf kami di situasi yang berisiko seperti itu," tambahnya.

Kern mengatakan, selama berada di Raqa mereka hanya memiliki seorang petugas keamanan untuk setiap dua staf yang akan memastikan keselamatan mereka.

Baca juga: Pasukan Suriah Mulai Memasuki Kota Dumayr Usai Evakuasi Pemberontak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com