Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Hidangan Makan Malam dalam KTT Kedua Pemimpin Korea

Kompas.com - 24/04/2018, 17:54 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Jamuan makan makam yang akan digelar dalam pertemuan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Jumat (27/4/2018), dipenuhi berbagai simbol.

Pada Selasa (24/4/2018), pemerintah Korea Selatan mengungkap menu jamuan makan malam itu. Hidangan yang akan disajikan adalah makanan khas Korea Utara dan dari kampung halaman Moon Jae-in.

Sejauh ini belum dirilis jadwal resmi tetapi jamuan makan malam digelar setelah pembicaraan yang digelar di Rumah Perdamaian di sisi selatan perbatasan di Zona Demiliterisasi.

Sebagian makanan yang dihidangkan berasal dari Utara dan Presiden Moon mengusulkan hidangan khas mie dingin disajikan dalam jamuan makan malam.

Baca juga : Korut dan Korsel Coba Saluran Telepon Khusus Jelang KTT Antar-Korea

Menanggapi usulan itu, Pyongyang setuju untuk mengirimkan seorang juru masak ternama dari Okryu-gwan, sebuah restoran terkenal di ibu kota Korea Utara.

Mie dingin biasanya dihidangkan dengan kaldu ringan segar dengan tambahan potongan daging dan sayur mayur.

Selain itu, akan dihidangkan rosti, kentang goreng Swiss, dengan gaya Korea untuk mengenang masa muda Kim Jong Un di negeri produsen arloji itu.

Sedangkan hidangan lain berupa makanan laut, daging, dan nasi dari kampung halaman Presiden Moon dan beberapa presiden Korsel yang pernah berkunjung ke Pyongyang yaitu Kim Dae-jung (2000) dan Roh Moo-hyun pada 2007.

"Kami mempersiapkan jamuan makan untuk menghormati orang-orang yang bekerja keras untuk menciptakan perdamaian dan unifikasi bagi rakyat," demikian pernyataan kantor Presiden Moon Jae-in.

Pertemuan tingkat tinggi kedua Korea ini merupakan hasil dari diplomasi panjang selama sembilan bulan di bawah pengarahan Presiden Moon.

Moon memang amat mendorong adanya dialog untuk membawa Korea Utara ke meja perundingan.

Baca juga : Korut-Korsel Sepakati KTT Antar-Korea Bakal Disiarkan Langsung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com