Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air India Kena Turbulensi, 3 Penumpang Luka dan Panel Jendela Terlepas

Kompas.com - 23/04/2018, 13:54 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com — Sebuah pesawat milik maskapai Air India yang terbang dari Amritsar menuju New Delhi pada Kamis (19/4/2018) terkena turbulensi yang berakibat cederanya tiga penumpang.

Selain melukai tiga penumpang, turbulensi itu juga membuat salah satu panel jendela terlepas dan "masker" oksigen sudah terlepas dari langit-langit kabin penumpang.

Pesawat Boeing 787 Dreamliner itu mengalami turbulensi selama 10-15 menit saat sedang memasuki fase "mendaki" dari ketinggian 8.000 kaki (2.400 meter) ke 21.000 kaki (7.000 meter).

"Turbulensi yang dialami AI 462 (nomor penerbangan) sangat kuat sehingga kepala penumpang yang tak mengenakan sabuk pengaman menghantam langit-langit kabin saat terjadi guncangan," demikian keterangan sejumlah sumber seperti dikutip harian The Times of India.

Baca juga: Penumpang Terkena Serangan Jantung, Pesawat Air India Mendarat Darurat

"Alhasil tiga orang mengalami cedera ringan. Selain itu, panel bagian dalam jendela (18-A) terlepas. Jendela di sisi luar tidak pecah dan tidak ada kekurangan tekanan udara di dalam kabin. Penumpang amat ketakutan," tambah sumber itu.

Sejumlah kantong oksigen juga terlepas dari langit-langit kabin penumpang saat turbulensi terjadi. Bahkan langit-langit di atas kursi 12-U mengalami keretakan.

Setelah mendarat dengan selamat di New Delhi, ketiga penumpang yang terluka langsung dibawa ke rumah sakit.

"Respons segera kami adalah membawa ketiga penumpang yang cedera ke rumah sakit. Seorang penumpang yang kepalanya menghantam langit-langit kabin mendapat jahitan," ujar seorang petinggi Air India.

"Dua penumpang lainnya hanya mengalami cedera ringan dan setelah mendapatkan perawatan langsung melanjutkan penerbangan. Penumpang yang mendapat jahitan juga diizinkan melanjutkan perjalanan," tambah pejabat itu.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (DGCA) India langsung menggelar penyelidikan begitu Boeing 787 tersebut mendarat.

Baca juga: Reaksi Cepat Pilot Air India, Cegah Tabrakan Antara Dua Pesawat

Sebuah analisis teknis awal menyimpulkan, tidak terjadi kerusakan struktur pesawat akibat turbulensi yang kuat tersebut.

"Kami ingin memahami apa yang sebenarnya terjadi saat turbulensi itu. Investigasi untuk mengungkap hal ini sedang dilakukan. Tampaknya tindakan pilot dan kabin kru dalam menangani masalah ini sudah benar," kata Harpreet AD Singh, Kepala Bidang Keselamatan Penerbangan Air India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com