Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Minta AS-Korsel Turunkan Aktivitas Militer di Semenanjung Korea

Kompas.com - 21/04/2018, 21:07 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menyambut baik deklarasi Korea Utara (Korut) yang memutuskan untuk menghentikan segala aktivitas mereka dalam persenjataan nuklir.

Sebelumnya, Pemimpin Korut Kim Jong Un berujar bahwa negaranya bakal menghentikan aktivitas nuklir per Sabtu (21/4/2018) ini.

Dalam pidatonya ketika pertemuan Komite Pusat Partai Buruh, Kim menjelaskan kalau tujuan Korut saat ini adalah mengembangkan ekonomi.

Baca juga : Kim Jong Un Putuskan untuk Menghentikan Tes Nuklir

Melalui Kementerian Luar Negerinya, Rusia berujar bahwa keputusan tersebut merupakan langkah penting dalam menurunkan tensi di Semenanjung Korea.

Diwartakan kantor berita AFP, Rusia meminta Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) melakukan aksi timbal-balik.

"Kami menyerukan AS dan Korsel untuk melakukan aksi memadai dengan menurunkan aktivitas militer mereka di Semenanjung Korea," ujar Kemenlu Rusia.

Menlu Rusia, Sergei Lavrov, menyatakan bahwa dia berharap banyak dari pertemuan antara Kim dengan Presiden AS Donald Trump.

"Kami sangat berharap dia (Trump) memulai proses deeskalasi ketegangan. Kami tidak ingin pertemuan ini sampai gagal," ujar Lavrov.

Politisi 68 tahun itu menggambarkan hubungan yang terjadi antara AS dan Korut sebelumnya laksana petinju yang bakal naik ring.

"Sebelum dimulainya pembicaraan serius, mereka layaknya petinju yang saling memamerkan diri di hadapan lawannya," ujar Lavrov.

Baca juga : Korut Hentikan Aktivitas Nuklir, Ini Kata Negara Tetangga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com