Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Obat Tradisional sebagai Racun, Dokter di China Ditangkap

Kompas.com - 20/04/2018, 20:56 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang dokter di China ditahan selama tiga bulan tanpa dakwaan setelah menyebut sebuah ramuan tradisional ternama sebagai "racun".

Tan Qindong, nama dokter itu, ditahan setelah perusahaan pembuat obat tradisional "Hongmao Traditional Liquor" menuding sang dokter mencemarkan nama baik produknya di media sosial.

Tan ditangkap di rumahnya di kota Guangzhou pada 10 Januari lalu dan dibawa ke markas kepolisian Mongolia Dalam, sekitar 2.300 kilometer jauhnya dari rumah sang dokter.

Tan dibawa ke Mongolia Dalam sebab perusahaan obat tradisional yang menggugatnya berada di daerah tersebut.

Baca juga: Dedi Mulyadi Janji Bangun Rumah Sakit Khusus Pengobatan Tradisional

"Saya tidur di samping toilet dan hanya menyantap dua setengah potong roti setiap hari," kata Tan dalam wawancara dengan harian Beijing News, Rabu (17/4/2018).

Sebelum ditangkap dan ditahan, Tan mempertanyakan kemanjuran minuman tradisional itu dan menyebutnya sebagai racun dari surga dalam sebuah artikel yang diunggah ke dunia maya akhir tahun lalu.

Tan mempertanyakan klaim perusahaan pembuat obat itu yang menyebut produknya mampu menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari pegal linu hingga sakit jantung.

Dalam artikelnya itu, Tan menambahkan, ramuan herbal di dalam minuman tersebut bisa saja malah membahayakan jika dikonsumsi penderita darah tinggi dan diabetes.

"Saya menulis artikel itu dengan benar," tambah Tan dalam wawancara yang sama.

"Kita harus mengungkapkan kebenaran setidaknya beberapa kali dalam hidup ini. Khususnya, jika dokter tak berbicara dan membiarkan promosi tentang obat ajaib semacam ini maka bisa merusak masyarakat," lanjut Tan.

Pada Kamis (19/4/2018), kuasa hukum Tan, Hu Dingfeng, kepada kantor berita Xinhua mengatakan, kliennya sudah dibebaskan karena kantor jaksa Mongolia Dalam tak bisa menemukan cukup bukti.

Pada 2003, otorita pengawas obat di China mengizinkan pejualan alkohol jika digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional.

Baca juga: Gudang Produksi Obat Tradisional Ilegal di Tangerang Disegel

Namun, sejak 2010, anggur yang digunakan sebagai obat ditarik dari peredaran di tiga provinsi karena "promosi khasiat yang terlalu berlebihan".

Pengobatan tradisional merupakan sebuah sebuah industri raksasa dengan nilai lebih dari 130 miliar dollar AS pada 2016 atau sepertiga dari nilai seluruh industri medis di China.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com