Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 6 Bulan, Pemuda Tambun Ini Berubah Jadi Juara Binaraga

Kompas.com - 19/04/2018, 20:42 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Peribahasa "di mana ada kemauan di situ ada jalan" nampaknya cocok bagi Zhang Shuai (22), mahasiswa di Institut Teknologi Heilongjiang, China.

Pemuda tambun ini menjadi pembicaraan di negeri itu setelah hanya dalam enam bulan berhasil mengubah bentuk tubuhnya dan menjadi juara binaraga.

Shuai, awalnya adalah bintang basket di kampusnya, tetapi beberapa tahun lalu cedera serius memaksanya "pensiun" dan hal itu membuatnya depresi.

Akibat depresi itu, pola makan Shuai menjadi tak karuan dan tak pernah berolahraga sehingga membuat bobot tubuhnya melonjak sebanyak 40 kilogram dalam enam bulan.

Baca juga : Thai Airways Larang Penumpang Obesitas Gunakan Kelas Bisnis

Namun, enam bulan lalu, Shuai seakan terbangun dari depresinya dan bertekad mengembalikan bentuk tubuhnya menjadi ideal seperti sedia kala.

Dia kemudian mulai kembali berolah raga, melakukan diet ketat, dan hanya dalam waktu setengah tahun bentuk tubuhnya sudah kembali ideal.

Shuai tak hanya bisa menurunkan bobot tubuhnya sebanyak 30 kilogram tetapi juga mulai berminat menggeluti binaraga.

Hasil latihan kerasnya berbuah manis. Shuai kemudian berhasil menjadi juara binaraga tingkat provinsi dan kini bekerja sebagai intruktur di sebuah pusat kebugaran di kota Harbin.

"Intinya, proses panjang membuat saya tak hanya bisa menurunkan berat badan. Saya mengubah banyak kebiasaan tak sehat dan hasilnya amat positif," ujar pemuda itu kepada harian China Daily.

Baca juga : Jalani Diet, Bocah Obesitas 192 Kg Kini Sudah Bisa Bermain Bulu Tangkis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com