Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Charles Darwin, Berlayar Meneliti Makhluk Hidup

Kompas.com - 19/04/2018, 17:13 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KOMPAS.com - Charles Darwin, namanya begitu dikenal dalam pelajaran sains di bangku sekolah. Teori seleksi alam menjadi fondasi studi evolusi modern.

Darwin menggemparkan masyarakat era Victoria yang religius dengan mengungkap bahwa binatang dan manusia berasal nenek moyang yang sama.

Namun, berkat teorinya itu, dia memikat keingintahuan ilmuwan profesiona. Pada saat kematiannya, citra evolusi telah menyebar melalui semua sains, sastra, dan politik.

Mengaku sebagai seorang agnostik, Darwin yang wafat pada 19 April 1882 mendapat penghormatan khusus dengan dimakamkan di Westminster Abbey, London.

Kelahiran

Charles Robert Darwin lahir pada hari yang sama dengan Presiden Amerika Serikat ke-16 Abraham Lincoln, yaitu 12 Februari 1809. Darwin lahir di Shrewsbury, Inggris, dari keluarga yang kaya dan terpandang.

Keluarganya memang mencintai eksplorasi alam. Ayahnya, RW Darwin merupakan seorang dokter dan kakeknya, Erasmus Darwin, adalah ahli botani terkenal.

Saat usia 8 tahun, Darwin harus menerima kenyataan pahit saat ibunya meninggal.

Baca juga : Biografi Tokoh Dunia: JP Morgan, Juru Selamat Krisis Keuangan AS

Pada Oktober 1825, ketika menginjak umur 16 tahun, dia mengambil studi di Universitas Edinburg bersama dengan adiknya. Dua tahun kemudian, dia menjadi mahasiswa di Christ's College di Cambridge untuk belajar teologi.

"Pada waktu itu saya tidak meragukan kebenaran yang keras dan harfiah dari setiap kata dalam Alkitab," tulisnya.

Ayahnya mengharapkan dia mengikuti jejaknya menjadi seorang dokter medis. Tapi, baru melihat darah saja, Darwin sudah muntah.

Setelah lulus dari Christ's College sebagai sarjana seni pada 1831, profesor botani Johm Stevens Henslow yang juga menjadi mentornya, merekomendasikannya menjadi naturalis dalam pelayaran HMS Beagle.

Kapal itu akan mengelilingi dunia selama lima tahun. Dari situlah, Darwin mendapat kesempatan menjadi naturalis muda yang sedang bersemi.

Pelayaran keliling dunia

Selama perjalanan, Darwin mengumpulkan berbagai spesies, seperti burung, tanaman, dan fosil.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com