Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Hamil di Malaysia Pingsan dan Jatuh ke Rel LRT

Kompas.com - 19/04/2018, 14:30 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Seorang perempuan yang hamil empat bulan jatuh di jalur light rail transit (LRT) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (19/4/2018).

Perempuan berusia 26 tahun itu sedang dalam perjalanan untuk bekerja, tetapi kemudian dia pingsan dan jatuh ke rel LRT Stasiun Damai sekitar pukul 07.50 waktu setempat.

Insiden itu terjadi beberapa saat sebelum kereta tiba di stasiun. Beruntung, dia tidak tertabrak kereta berkat sistem berhenti darurat pada peron stasiun LRT.

Dalam sebuah pernyataan, Prasarana Malaysia menyatakan, stasiun LRT telah dipasang dengan sistem pemberhentian darurat (PIES).

Baca juga: Rayu Mantan Istri, Pria di Malaysia Dibunuh

Sistem itu dengan segera menghentikan kereta yang akan tiba di stasiun ketika sebuah obyek tertentu terdeteksi pada rel.

PIES akan memutuskan aliran listrik pada sistem LRT saat rel terkena obyek seberat 7 kilogram atau lebih.

Kepolisian dari prasarana bersama dengan petugas operasional stasiun meminta semua penumpang mengosongkan peron. Kemudian, petugas mengevakuasi perempuan tersebut.

"Tim penyelamat membutuhkan waktu 7 menit untuk menyelamatkan perempuan itu sebelum membawanya ke rumah sakit," tulis pernyataan Prasarana Malaysia.

Sementara layanan perjalanan LRT Kelana Jaya Line kembali berlangsung normal pada pukul 08.15.

Baca juga: Malaysia Gelar Pemilu pada 9 Mei 2018

Dalam pernyataan yang sama, Kepala Eksekutif Rapid Rail Kahirani Mohamed mengatakan, sistem PIES memang telah dipasang di seluruh stasiun LRT Kelana Jaya Line, kecuali di stasiun bawah tanah.

Sementara untuk LRT Ampang dan Sri Petaling Line, pemasangan sistem PIES masih dilakukan dan dijadwalkan rampung pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com