Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2018, 08:21 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP,CBS News

PHILADELPHIA, KOMPAS.com - Maskapai Southwest Airlines rute New York-Dallas mengalami kegagalan mesin beberapa menit setelah lepas landas.

Dilansir dari AFP, pesawat Boeing 737-700 rute New York-Dallas itu terpaksa mendarat darurat pada Selasa (17/4/2018), dan menewaskan satu orang.

Saat pesawat terbang di ketinggian 9.000 meter, seorang penumpang mendengar ledakan di mesin kiri, yang membuat pecahannya yang tajam mengenai jendela dan menghancurkan mesin.

Dari sejumlah foto yang beredar, dapat terlihat para penumpang mengenakan masker oksigen ketika insiden tersebut terjadi.

"Kami meyakini ada bagian yang keluar dari mesin ini," kata ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Amerika Serikat, Robert Sumwalt.

Baca juga : Jadi Maskapai Terbaik Dunia, Ini 8 Fakta Katering Singapore Airlines

Kendati kegagalan mesin tidak mengakibatkan kebakaran, namun ada satu orang yang dilaporkan tewas.

"Ini adalah kegagalan mesin," ucapnya.

Penyelidik NTSB menyatakan, salah satu bilah kipas mesin terlepas selama penerbangan pesawat itu. Tepinya yang menunjukkan garis retak akibat logam yang aus.

Seorang penumpang tewas diidentifikasi bernama Jennifer Riordan berasal dari Albuquerque, New Mexico. Riordan meninggalkan dua orang anaknya dalam insiden fatal dalam sejarah penerbangan AS sejak 2009.

Sementara, sebanyak 7 orang dilaporkan terluka dalam insiden tersebut.

Pesawat mendarat darurat di Bandara Internasional Phladelphia pada pukul 11.20 waktu setempat, setelah para kru melaporkan kerusakan pada salah satu mesin, badan pesawat dan satu jendela rusak.

Maskapai Southwest Airlines nomor penerbangan 1380 sedang melakukan perjalanan dari LaGuardia New York ke Dallas Love Field dengan mengangkut 144 penumpang dan lima anggota awak di dalamnya.

Baca juga : Maskapai Penerbangan Diminta Waspadai Rencana Serangan ke Suriah

"Seluruh keluarga Southwest Airlines memberikan simpati terdalam dan tulus kepada pelanggan, karyawan, anggota keluarga, dan orang-orang terkasih atas peristiwa tragis ini," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Seorang penumpang bernama Amanda Bourman mengatakan kepada CBSN, dia sedang duduk di bagian belakang dan tertidur ketika dia mendengar suara keras dan masker oksigen telah keluar dari tempatnya.

Suasana pesawat sunyi karena penumpang mengenakan masker oksigen, sementara beberapa lainnya berurai air mata.

"Semua orang menangis dan ketakutan. Ada sedikit penumpang yang sangat kuat dan terus menenangkan yang lain," katanya.

Baca juga : Mengeluh soal Nyamuk, Dokter Ini Diusir dari Kabin Maskapai India

Seorang penumpang bernama Marty Martinez sempat melakukan siaran langsung melalui akun Facebook-nya, ketika dia mengenakan masker oksigen.

"Sesuatu terjadi pada pesawat kami. Sepertinya ini akan mendarat. Pendaratan darurat. Penerbangan Southwest dari kota New York ke Dallas," tulisnya.

"Saya punya WiFi, dan saya tahu saya tak sempat menuliskan pesan pendek, jadi saya memilih menyiarkan langsung di Facebook," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP,CBS News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com