Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Serangan Lanjutan ke Suriah Picu Kekacauan Internasional

Kompas.com - 16/04/2018, 17:43 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Jazeera

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan jika Barat kembali menyerang Suriah maka akan memicu kekacauan dalam hubungan internasional.

Hal itu disampaikan Putin dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Minggu (15/4/2018), seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

"Dalam pembicaraan telepon itu, kedua pemimpin sepakat bahwa serangan ilegal itu merusak prospek penyelesaian politik di Suriah," demikian RIA Novosti mengutip Kremlin.

Putin dan Rouhani mendiskusikan situasi di Suriah setelah AS, Perancis, dan Inggris menggelar serangan terhadap sejumlah fasilitas penting Suriah pada Sabtu (14/6/2018).

Baca juga : Putin: Tanpa Mandat DK PBB, Serangan AS ke Suriah Ilegal

"Putin menegaskan aksi yang melanggar Piagam PBB itu jika dilanjutkan bakal memicu kekacauan dalam hubungan internasional," tambah RIA Novosti.

Serangan Sekutu itu menyerang tiga lokasi di Suriah yang menurut Presiden AS Donald Trump merupakan tempat rezim Presiden Bashar al-Assad mengembangkan persenjataan kimia negeri itu.

Serangan AS dan sekutunya itu merupakan respons terhadap dugaan serangan senjata kimia yang dilakukan pemerintah Suriah di kota Douma pada Sabtu (7/4/2018).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com