Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Satelit Tunjukkan Kondisi Target Pasca-serangan Udara AS di Suriah

Kompas.com - 15/04/2018, 17:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber CNN

DAMASKUS, KOMPAS.com - Amerika Serikat bersama dengan Perancis dan Inggris telah melancarkan serangan militer ke tiga fasilitas militer yang diyakini berkaitan dengan program senjata kimia milik Suriah.

Lebih dari 100 misil jelajah ditembakkan AS beserta sekutunya pada Jumat (13/4/2018) malam.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan, serangan ke fasilitas militer dan laboratorium Suriah itu telah berhasil dilaksanakan.

Departemen Pertahanan AS, Sabtu (14/4/2018) pagi merilis peta yang dikatakannya sebagai tiga sasaran serangan udara mereka.

Baca juga: AS dan Sekutunya Tembakkan Lebih dari 100 Misil ke Suriah

Tiga situs tersebut yakni pusat riset serta fasilitas gudang, dan pos komando di dekat Damaskus, serta fasilitas penampungan senjata kimia di dekat Homs.

Juru bicara Pentagon, Dana White mengatakan kepada wartawan, Sabtu (14/4/2018), serangan telah berhasil mengenai sasaran dengan tepat.

Namun Rusia, sekutu kuat militer Suriah tak setuju dengan laporan itu dan mengatakan bahwa sistem pertahanan udara milik Damaskus telah berhasil mencegat 71 dari total 103 misil yang mengarah ke sasaran.

Foto satelit menunjukkan lokasi target sasaran serangan militer AS sebelum terjadinya serangan.CNN/DIGITALBLOBE Foto satelit menunjukkan lokasi target sasaran serangan militer AS sebelum terjadinya serangan.
Ditambahkan laporan dari Moskwa, sisa misil yang luput dari sistem pertahanan telah mengenai lapangan udara militer, lokasi industri dan fasilitas penelitian Suriah.

Akan tetapi, lagi-lagi laporan itu dibantah oleh Damaskus. Suriah menyebut beberapa situs yang menjadi target serangan AS dan sekutunya tidak mengalami kerusakan.

Televisi Suriah memberitakan, misil yang mengarah ke target di Homs telah berhasil dilumpuhkan dan tidak menimbulkan kerusakan.

Mengutip dari CNN, ketiga peta yang dirilis Departemen Pertahanan tersebut telah diteruskan ke dua perusahaan pencitraan satelit, DigitalGlobe dan Planet.com.

Foto satelit menunjukkan lokasi target sasaran serangan militer AS, Sabtu (15/4/2018). Tampak bagian yang diyakini hancur terkena misil AS.CNN/PLANET.com Foto satelit menunjukkan lokasi target sasaran serangan militer AS, Sabtu (15/4/2018). Tampak bagian yang diyakini hancur terkena misil AS.
Setelah dibandingkan dengan foto usai serangan yang diambil melalui satelit pada Sabtu (15/4/2018), tampak kerusakan di tiga lokasi yang dimaksud dengan skala yang cukup besar dan jelas.

Juru bicara Pentagon, Dana White menyebut serangan telah mengenai sasaran yang diyakini merupakan pusat pengembangan program senjata kimia Suriah.

"(Serangan) Kami telah mengenai sasaran, jantung program persenjataan kimia. Misi telah berhasil diselesaikan," kata White.

Baca juga: Pejabat Militer Rusia: Suriah Hancurkan 71 Rudal AS dan Sekutunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com