Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Raja Spanyol, Putra Mahkota Saudi Nego Pembelian Kapal Perang

Kompas.com - 12/04/2018, 23:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MADRID, KOMPAS.com - Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman bertemu dengan Raja Spanyol, Felipe VI dalam kunjungannya ke Negeri Matador pada Kamis (12/4/2018).

Dalam pertemuannya dengan Raja Felipe, pemimpin de facto Kerajaan Saudi tersebut bernegosiasi seputar pembelian kapal perang Spanyol, selain juga membahas kerja sama ekonomi.

Pangeran Mohammed tiba di Spanyol pada Rabu (11/4/2018) malam, bertolak dari Perancis setelah merampungkan kunjungan resminya selama tiga hari.

Baca juga: Kejaksaan Jerman Mendesak Pengadilan Ekstradisi Puigdemont ke Spanyol

Selain pertemuan dengan Raja Spanyol, Pangeran Mohammed juga bertemu Perdana Menteri Mariano Pajoy untuk menandatangani kesepakatan di bidang kebudayaan, sains, transportasi udara, pekerjaan hingga pertahanan.

Selain sebagai putra mahkota, Pangeran Mohammed turut menjabat sebagai Menteri Pertahanan Saudi. Pangeran yang akrab disapa MbS itu juga mengendalikan kebijakan ekonomi dalam ekspor minyak.

Diberitakan sebelumnya oleh surat kabar El Pais, Spanyol kemungkinan akan membuat kesepakatan penjualan lima unit kapal perang korvet senilai sekitar dua miliar Euro (sekitar Rp 33,9 triliun) kepada Arab Saudi.

"Penandatanganan nota kesepahaman dalam bidang pertahanan antara kedua negara dapat menjadi langkah ke arah kesepakatan itu," kata seorang sumber dari pemerintah Spanyol kepada AFP, Kamis (12/4/2018).

Kunjungan ke Madrid akan menjadi penutup rangkaian tur diplomatik Putra Mahkota Saudi ke sejumlah negara sahabat.

Baca juga: Arab Saudi dan Perancis Sepakati Kerja Sama Senilai Rp 247 Trilun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com