Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Sidang, Politisi Ternama China Akui Terima Suap Rp 372 Miliar

Kompas.com - 12/04/2018, 18:34 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Sun Zhengchai, politisi yang pernah digadang-gadang sebagai pemimpin masa depan China, mengaku bersalah menerima suap sebesar 27 juta dolar AS atau sekitar Rp 372 miliar.

Pengakuan Sun Zhengcai ini disampaikan dalam sidang di pengadilan kota Tianjin, Kamis (12/4/2018).

Dalam sidang itu, mantan anggota Politbiro Partai Komunis China itu mengakui telah menerima suap dan menegaskan dirinya siap menanggung semua kesalahan.

Setelah pengakuan Sun ini, sidang ditunda dan akan dilanjutkan dengan sidang pembacaan vonis yang belum ditentukan waktunya. Demikian dikabarkan kantor berita Xinhua.

Baca juga : Gundik Beberkan Foto Perselingkuhan Politisi China

Sun (54) dipecat dari jabatannya sebagai ketua Partai Komunis China di kota Chongqing pada Juli tahun lalu serta diselidiki terkait dugaan korupsi dan suap.

Jaksa menuduh Sun menggunakan posisinya untuk memperkaya orang lain dan secara ilegal menerima 170 juta yuan dalam bentuk sejumlah aset secara langsung atau melalui pihak ketiga.

Jaksa menambahkan, dakwaan ini terkait dengan perbuatan kriminal yang diduga dilakukan Sun saat menjadi ketua distrik partai di Beijing pada 2002.

Saat itu Sun menjabat menteri pertanian dan sempat menjadi ketua partai di provinsi Jilin dan Chongqing untuk waktu yang tidak terlalu lama.

Sebelum menjalani sidang, Sun sudah terlebih dahulu dijatuhi hukuman oleh badan pengawas korupsi internal partai karena melanggar disiplin partai.

Baca juga : Politisi China Bo Xilai Didakwa Korupsi

Usai sidang, harian milik pemerintah People's Daily menyebut pengadilan terhadap Sun itu menunjukkan komitmen anti-korupsi Presiden Xi Jinping yang terus berlanjut.

Sun adalah anggota Politbiro yang paling muda sebelum dia dipecat. Dia bahkan sempat menjadi kandidat kuat untuk duduk di Komite Tetap Politbiro yang biasanya diisi para politisi ternama China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com