Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomasi Guyonan Saus Barbekyu ala Putra Mahkota Arab Saudi

Kompas.com - 11/04/2018, 21:08 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Gulf News

PARIS, KOMPAS.com - Putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohamed bin Salman Al Saud ternyata tak hanya piawai berpolitik. Dia juga mampu menyampaikan humor hangat yang bisa menghangatkan suasana.

Hal itu ditunjukkan sang pangeran dalam jamuan makan malam yang digelar Presiden Perancis Emmanuel Macron, Selasa (10/4/2018), di Istana Elysee, Paris.

Sebelum memulai santap malam, pria yang akrab dipanggil MBS itu melontarkan sebuah guyonan terkait makanan Perancis.

"Beberapa hari lalu, saya berada di Texas dan bertemu dengan Presiden Bush, ayah dan anak. Mereka tahu saya akan berkunjung ke Paris dan usai makan malam mereka memberi saya saus barbekyu," ujar Pangeran MBS.

Baca juga : Pangeran MBS: Arab Saudi dan Israel Punya Kepentingan yang Sama

"Mereka berkata, jika saya tak suka makanan Perancis, maka saya diminta menggunakan saus barbekyu itu," kata MBS disambut tepuk tangan dan tawa Presiden Macron dan para tamu undangan.

Kemudian, Pangeran MBS melanjutkan kalimatnya dengan menekankan bahwa dia tak perlu menambahkan saus hadiah dari Presiden Bush untuk makanan Perancis yang akan disantapnya.

Ini adalah santap malam kedua Pangeran MBS dan Presiden Macron setelah santap malam pribadi di Museum Louvre pada Minggu (8/4/2018).

Menurut situs berita The Local, Museum Louvre adalah lokasi prestisius dna bersejarah yang dipilih Macron untuk menjamu tamu negara.

Sebelumnya, Macron menjamu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Versailles dan Presiden AS Donald Trump di sebuah restoran mewah di Menara Eiffel.

Baca juga : Putra Mahkota Saudi Disambut Gugatan dalam Kunjungannya ke Perancis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com