Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Dunia Sepekan: Kim Tonton Konser K-Pop, Markas YouTube Ditembaki

Kompas.com - 07/04/2018, 10:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selamat berakhir pekan! Jika Anda disibukkan dengan pekerjaan hingga tidak sempat mengikuti informasi terkini selama sepekan kemarin, tidak ada salahnya menyimak beberapa kabar dunia internasional yang sedang hangat sejak Senin (2/4/2018) hingga Jumat (6/4/2018) kemarin.

Mulai dari kabar penembakan yang terjadi di markas YouTube di AS hingga berlangsungnya konser K-Pop di Korea Utara yang disaksikan langsung oleh Kim Jong Un.

Untuk mengetahui kilas kabar dunia selama sepekan berikut beberapa di antaranya.

1. Putra Osama bin Laden Serukan Perlawanan Rakyat Terhadap Raja Saudi

Melalui sebuah rekaman video, putra Osama bin Laden mengajak kepada seluruh rakyat Arab Saudi untuk melawan pemimpin mereka yang dianggap sudah terlalu dekat dengan negra Barat.

Hamza bin Laden menyerukan agar rakyat Saudi bangkit menentang tirani kriminal dan penguasa negara.

Baca juga: CEO YouTube Tanggapi Protes yang Diwarnai Penembakan

Dalam video itu, Hamza merujuk pertemuan Ibn Saud, ayah dari raja Arab Saudi saat ini yang bertemu dengan Presiden AS FD Roosevelt pada 1945.

Pertemuan yang dianggap sebagai awal ketergantungan Arab Saudi dengan negara AS.

Namun banyak yang kemudian mengaitkannya dengan agenda Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman yang pekan lalu berkunjung ke Amerika Serikat.

Tertarik untuk tahu informasi selengkapnya? Silakan klik tautan ini.

2. Aksi Penembakan Terjadi di Markas YouTube

Selasa (3/4/2018) petang, masyarakat AS dikejutkan dengan kabar penembakan yang terjadi di kantor pusat YouTube di San Bruno, California.

Sekitar pukul 17.31 waktu setempat, kabar pertama mengenai penembakan itu muncul dari akun media sosial salah seorang pegawai di kantor YouTube. Disusul sejumlah akun media sosial pegawai lain kantor tersebut yang memperlihatkan gambar dan juga video.

Kepolisian San Bruno pun langsung mengeluarkan instruksi menjauh dari kawasan kantor pusat YouTube.

Kantor berita Reuters menyebutkan, polisi sudah menemukan tiga korban luka dan satu orang tewas dalam insiden ini. Dipastikan kemudian korban tewas adalah pelaku yang bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri.

Pelaku diketahui kemudian adalah seorang perempuan, sementara motif penembakan belum diketahui. Untuk informasi lebih lengkap mengenai berita ini bisa dilihat di sini.

3. Putra Mahkota Saudi Sebut Palestina dan Israel Punya Hak yang Sama

Kabar selanjutnya datang dari Putra Mahkota Arab Saudi yang kembali menyampaikan pernyataan yang cukup kontroversial.

Pangeran Mohammed bin Salman yang sedang berada di Amerika Serikat dalam rangkaian turnya untuk memperluas kerja sama berkesempatan wawancara dengan media dan melontarkan pendapatnya tentang Israel.

Kepada majalah The Atlantic, seperti dilansir dari AFP, Pangeran Mohammed mengatakan, Israel juga memiliki hak untuk memiliki tanah air.

"Saya yakin setiap orang, di mana saja, memiliki hak untuk hidup di negara mereka dengan damai. Saya yakin orang Palestina dan Israel memiliki hak untuk tanah mereka sendiri," ucap Pangeran Mohammed.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi: Perang Lawan Iran Bisa Terjadi 10 Tahun Mendatang

Pernyataan itu terbilang mengejutkan karena Arab Saudi sejatinya tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Namun pernyataannya seolah mendukung negara itu.

Bagaimana kabar selengkapnya? Silakan Anda simak lebih lengkap di sini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com