Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halau Rombongan Migran, Trump Sanjung Pemerintah Meksiko

Kompas.com - 05/04/2018, 23:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pujiannya terhadap Pemerintah Meksiko yang telah menghentikan konvoi sejumlah besar migran dari Amerika Tengah yang ingin menuju Meksiko ke perbatasan AS.

"Sebagian besar konvoi migran itu telah dapat dibubarkan berkat undang-undang imigrasi yang ketat dari pemerintah Meksiko dan kesediaan mereka dalam menerapkannya sehingga tidak berdampak pada perbatasan kami," tulis Trump dalam akun Twitter-nya, Kamis (5/4/2018).

"Berkat tindakan peraturan Trump, penyeberangan melewati perbatasan AS kini berada pada titik terendah selama 46 tahun! Meski masih dalam taraf yang tak dapat diterima," tambahnya.

Kelompok besar konvoi dengan lebih dari 1.000 orang migran, terutama dari Honduras, telah dibubarkan pada Rabu (4/4/2018), setelah berjalan selama berhari-hari dan sempat berhenti di selatan Meksiko untuk mendapatkan makanan dan tempat berlindung.

Baca juga: Trump: Saya Bakal Tempatkan Militer di Perbatasan Meksiko

Namun pemimpin organisasi di belakang konvoi migran, Masyarakat Lintas Batas (PWB) membantah menghentikan konvoi dan mengatakan sejak awal perjalanan akan berakhir di Meksiko dan tidak ingin melewati perbatasan.

"Ini bukan karena Donald Trump," kata Direktur Kelompok Advokasi, Irineo Mujica kepada Reuters, dikutip New York Post, Rabu (4/4/2018).

Presiden Trump telah mencela konvoi migran tersebut sejak Minggu (1/4/2018) saat sebuah stasiun televisi menyoroti mereka dan menyiarkannya.

Dan pada Rabu (4/4/2018), Trump telah mengizinkan pengerahan pasukan Garda Nasional untuk mendukung keamanan di perbatasan AS dengan Meksiko.

Trump juga menekan Meksiko untuk menerapkan undang-undang imigrasinya untuk mengakhiri aliran migran dengan mengancam bakal menghentikan negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, yang akan berdampak pada ekonomi Meksiko.

Baca juga: Bersitegang dengan Trump, Presiden Meksiko Batalkan Kunjungan ke AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com