Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Australia Diteror Suara Berisik Ribuan Burung

Kompas.com - 05/04/2018, 14:35 WIB
Veronika Yasinta

Editor

ADELAIDE, KOMPAS.com - Ribuan burung korela, salah satu jenis kakatua, telah meneror penduduk pinggiran Kota Adelaide di Australia, dengan suara berisik mereka.

Burung-burung juga merusak lampu-lampu jalan, rambu lalu lintas dan pepohonan.

Pemerintah kota setempat telah menggunakan berbagai cara mulai dari drone hingga kembang api untuk mengusir burung-burung ini. Akibat kewalaha, akhirnya pemerintah kota meminta Departemen Lingkungan Hidup untuk mengambil alih.

Kawanan burung korela yang terekam sedang berada di sebuah rumah di Andrews Farm menunjukkan tingkat kebisingan yang luar biasa.

Baca juga : Beredar Video Polisi di Australia Lecehkan Penyandang Disabilitas

"Lewat jam 06.00 pagi mereka datang dan kemudian akan datang kembali di siang hari. Kemudian mereka datang lagi sekitar pukul 18.00 lewat," kata seorang warga bernama Sandy Bandtock.

"Setidaknya tiga kali dalam sehari mereka membuat semua kebisingan ini. Sangat berisik," tuturnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kawanan burung ini sering memang mendatangi wilayah Playford, di pinggiran utara Kota Adelaide.

Namun, beberapa minggu terakhir, mereka kembali dengan kawanan lebih besar dan mengepung kawasan tersebut.

Wali Kota Playford Glenn Docherty mengatakan, para burung telah menimbulkan kerusakan besar.

"Banyak kotoran burung di atap, di aspal, di mobil, kerusakan lampu jalan karena mereka ingin menangkap serangga," katanya.

"Pepohonan itu tidak lagi punya daun karena mereka memakannya semua," tambahnya.

Suara ribuan burung korela yang berisik telah meneror warga Adelaide di Australia. (Audience submitted/ Rod Squire) Suara ribuan burung korela yang berisik telah meneror warga Adelaide di Australia. (Audience submitted/ Rod Squire)
Dia mengatakan, cuaca yang baik dan makanan yang cukup menjadi daya tarik kedatangan burung-burung itu ke kawasan yang sebenarnya agak jauh dari habitat mereka.

"Ada beberapa kelompok burung, mereka seperti bermigrasi dari pangkalan Angkatan Udara RAAF Edinburgh. Mereka bisa berjumlah ratusan atau ribuan dalam satu kawanan," katanya.

"Ini bukan hanya masalah bagi Playford, tetapi juga daerah lain di utara dan bahkan ke pusat Kota Adelaide," ucap Docherty.

Pemkot sempat menerjunkan elang pemangsa alami untuk mengusir kawanan korela.

Baca juga : Makan Sepatu, Ular Piton di Australia Harus Dioperasi

"Kami sangat berharap pemerintah negara bagian mengambil tindakan proaktif, karena kami sudah berusaha melakukan yang terbaik tapi kami tak punya kekuatan hukum untuk mengendalikan mereka dalam jangka panjang," tutur Docherty.

Sementara, Departemen Lingkungan Australia Selatan menyatakan, pihaknya selalu meninjau upaya mengatasi dampak burung korela dan bekerja sama dengan pemkot serta pengelola lahan setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com