Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Julius dan Ethel Rosenberg Dihukum Mati

Kompas.com - 05/04/2018, 13:58 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, 5 April 1951 dua warga sipil Amerika Serikat Julius Rosenberg dan Ethel Rosenberg dijatuhi hukuman mati setelah terbukti melakukan tindakan mata-mata.

Dua tahun kemudian tepatnya pada 19 Juni 1953 keduanya menjalani eksekusi sekaligus menjadi warga sipil pertama AS yang dihukum mati akibat kejahatan spionase di masa damai.

Ethel Rosenberg atau terlahir dengan nama Ethel Greenglass bekerja sebagai seorang pegawai administrasi untuk beberapa tahun setelah lulus SMA pada 1931.

Saat dia menikahi Julius Rosenberg, seorang insinyur kelistrikan pada 1939, keduanya sudah menjadi anggota aktif Partai Komunis AS.

Baca juga : Terpidana Mati Kasus Spionase asal India Diizinkan Bertemu Keluarga

Pada 1940, Julius mendapatkan pekerjaan sebagai teknisi sipil untuk Korps Sinyal AD Amerika Serikat. Sejak saat itulah Julius dan Ethel bekerja membongkar rahasia militer AS untuk diserahkan kepada Uni Soviet.

Kemudian, kakak laki-laki Ethel, Sersan David Greenglass yang bertugas di Proyek Manhattan untuk membangun bom atom, memberikan data-data senjata nuklir AS kepada pasangan Rosenberg.

Pasangan suami istri itu kemudian menyerahkan informasi penting tersebut kepada Harry Gold, pria kelahiran Swiss yang menjadi kurir dalam jaringan mata-mata Uni Soviet di AS.

Harry kemudian menyerahkan informasi yang diperolehnya dari pasangan Rosenberg kepada Anatoly A Yakovlev, wakil konsul Uni Soviet di New York.

Pada 1945, AD Amerika Serikat memberhentikan Julius setelah ketahuan berbohong soal statusnya sebagai anggota aktif Partai Komunis.  

Pada 23 Mei 1950, Harry Gold ditangkap dalam kaitannya dengan kasus mata-mata Inggris Klaus Fuchs yang menyerahkan rahasia senjata nuklir AS dan Inggris kepada Uni Soviet

Baca juga : Jerman Tuduh Aksi Spionase China Gunakan Akun Palsu LinkedIn

Setelah Harry Gold ditangkap, aparat keamanan AS kemudian menangkap Sersan Greenglass dan Julius Rosenberg pada Juni dan Juli di tahun yang sama.

Sementara Ethel baru ditangkap pada Agustus. Seorang konspirator lain, Morton Sobell, kawan kulias Julius, sempat kabur ke Meksiko namun tertangkap dan diekstradisi ke AS.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com