Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki, Rusia dan Iran Berkomitmen Capai Gencatan Senjata Abadi di Suriah

Kompas.com - 04/04/2018, 23:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Tiga negara, yakni Turki, Rusia, dan Iran sepakat untuk berkomitmen dalam mencapai terciptanya gencatan senjata abadi di wilayah Suriah.

Hal tersebut disampaikan dalam pernyataan bersama seusai pertemuan tingkat tinggi yang dilangsungkan di Ankara, Turki, pada Rabu (4/4/2018).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi tuan rumah dalam pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan Pemimpin Rusia Vladimir Putin.

"Ketiga negara kembali menegaskan komitmen untuk bekerja sama dalam mencapai gencatan senjata abadi antara pihak-pihak yang bertikai," tulis pernyataan resmi bersama.

Baca juga: Trump Kembali Tegaskan Ingin Tarik Pasukan AS dari Suriah

Ketiga pemerintahan bakal bersama-sama mempercepat proses pencarian solusi politik terbaik di Suriah sebagai bagian dari proses perdamaian Astana yang telah disepakati pada tahun lalu.

Ketiga pemimpin negara tersebut terakhir kali bertemu dalam pertemuan tripartit yang dilangsungkan di resor Laut Hitam di Sochi yang diselenggarakan Putin pada November 2017.

Erdogan menyebut perdamaian Astana sebagai satu-satunya inisiatif internasional yang efektif dalam membantu mengurangi kekerasan dan membantu terciptanya perdamaian di Suriah saat ini.

"Apa yang paling penting bagi kami adalah mendapatkan hasil. Kami harus mendapatkan hasil. Kami tidak lagi memiliki toleransi untuk penundaan karena orang-orang yang menjadi korban," kata Erdogan seusai pertemuan.

Ketiga negara selama ini telah saling bekerja sama meski berada di pihak yang saling berseberangan dalam perang di Suriah.

Baca juga: Rusia Sambut Baik Wacana Trump yang Ingin Tarik Pasukan AS dari Suriah

Rusia bersama Iran mendukung militer dan politik rezin Presiden Suriah Bashar al Assad, sementara Turki terus menyerukan penggulingan presiden dan membantu kelompok oposisi.

Pertemuan tingkat tinggi ketiga negara selanjutnya akan dilangsungkan di Teheran. Namun untuk tanggal pastinya belum ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com