Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kremlin: Trump Undang Putin ke Gedung Putih

Kompas.com - 03/04/2018, 17:42 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump dikabarkan mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Gedung Putih. Demikian disampaikan Kremlin, Senin (2/4/2018).

Yury Ushakov, seorang ajudan Putin kepada jurnalis mengatakan, dalam pembicaraan telepon pada 20 Maret lalu Presiden Trump menyarankan pertemuan pertama kedua pemimpin sebaiknya digelar di Washington DC.

"Jika semua berjalan lancara, saya harap pemerintah Amerika tidak akan menolak proposal untuk mendiskusikan kemungkinan digelarnya pertemuan tingkat tinggi," ujar Ushakov.

Sementara itu, sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders menanggapi pernyataan Kremlin itu dengan menegaskan belum ada tanggap pasti pertemuan kedua pemimpin tersebut.

Baca juga : Di Vietnam, Trump dan Putin Akhirnya Bertemu

"Seperti yang dikonfirmasi presiden sendiri pada 20 Maret, beberapa jam setelah pembicaraan telepon dengan Presiden Putin, bahwa keduanya mendiskusikan pertemuan dalam waktu dekat di beberapa lokasi yang memungkinkan termasih di Gedung Putih," ujar Sarah.

"Sejauh ini belum ada informasi lain yang bisa kami sampaikan," Sarah menegaskan.

Ini bukanlah kali pertama Presiden Trump memunculkan kemungkinan pertemuan dengan Putin di Gedung Putih.

Musim panas tahun lalu, Trump juga mengatakan amat berharap bisa mengundang Putin ke Gedung Putih, meski dia menegaskan pertemuan dengan Putin memang belum masuk ke dalam agendanya.

"Saya kira sekarang bukan waktu yang tepat, tetapi jawabannya ya (saya akan bertemu Putin)," kata Trump pada Juli tahun lalu.

"Amat mudah bagi saya untuk mengatakan tidak (bertemu dengan Putin). Itu hal yang amat mudah dilakukan, tetapi sekaligus amat bodoh," tambah dia.

"Jika Anda tidak ingin ada dialog, maka Anda harus menjadi orang bodoh. Amat mudah bagi saya mengatakan tidak akan berbicara dengan dia, dan semua orang akan menyukai saya. Namun, saya harus melakukan hal yang benar," tambah Trump.

Baca juga : Trump dan Putin Gelar Pembicaraan Rahasia di Hamburg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com