Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Mantan Menteri Catalonia Ditahan Kepolisian Skotlandia

Kompas.com - 28/03/2018, 23:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

EDINBURGH, KOMPAS.com - Mantan menteri Catalonia, Clara Ponsati, yang ikut berperan dalam gerakan kemerdekaan tahun lalu, ditahan polisi Skotlandia, pada Rabu (28/3/2018). Ponsati menjadi satu dari sejumlah tokoh Catalonia yang sempat menjadi buronan pemerintah Spanyol.

Ponsati sempat ditahan namun kemudian dilepaskan setelah memberikan jaminan. Namun dia diperintahkan untuk menyerahkan paspor miliknya selama sidang menunggu pendahuluan ekstradisi di Pengadilan Sheriff Edinburgh.

Kuasa hukum Ponsati menyampaikan, mereka akan berkeras menolak tuduhan terlibat dalam pemberontakan maupun penyalahgunaan dana publik untuk mengatur referendum kemerdekaan Catalonia tahun lalu yang dianggap ilegal pemerintah Spanyol.

Baca juga: Puigdemont Ditangkap, Ribuan Warga Bentrok dengan Polisi di Barcelona

Selama dalam penahanan, masa pendukung Ponsati ikut bertahan di luar pengadilan dengan mengibarkan bendera separatis Catalonia serta membentangkan spanduk dukungan bertuliskan "Kami bersamamu".

Ponsati juga mendapat dukungan dari anggota Partai Nasional Skotlandia (SNP) yang menjalankan pemerintahan devolusi di Edinburgh. Mereka juga mengecam perintah penangkapan yang dikeluarkan untuk para politisi Catalonia.

Meski demikian, Menteri Utama Skotlandia Nicola Sturgeon menegaskan jika pihaknya tidak dapat turut campur dalam proses ekstradisi hukum independen.

Dukungan terhadap Ponsati juga datang melalui kampanye online yang bergerak mengumpulkan dana untuk melawan proses ekstradisi.

Kampanye yang diluncurkan pada Rabu (28/3/2018) tersebut telah berhasil mengumpulkan dana lebih dari 90.000 poundsterling (sekitar Rp 1,7 miliar) hanya dalam kurun waktu tiga jam.

"Tim hukum saya telah diinstruksikan untuk secara tegas membela Clara Ponsati yang melihat tuduhan yang diarahkan padanya sebagai bentuk penganiayaan politik."

"Tuduhan itu juga menjadi upaya sistematis untuk menghancurkan semangat warga Catalonia dalam memperjuangkan kemerdekaan mereka," ujar pengacara Ponsati, Aamer Anwar dalam pernyataannya.

"Dia tidak percaya pengadilan Spanyol dapat menjamin kemerdekaan, hak asasi maupun keadilan. Clara tetap menentang dan bertekad melawan balik," tambahnya.

Baca juga: Ditahan di Jerman, Puigdemont Tunggu Putusan Ekstradisi ke Spanyol

Sebelumnya, hakim Spanyol pada pekan lalu telah mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional dan Eropa untuk Ponsati dan juga para pemimpin Catalonia lainnya, termasuk pemimpin tersingkir Charles Puigdemont, yang telah ditahan kepolisian Jerman pada Minggu (25/3/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com