Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Yaman Bersihkan Wilayah Al-Jawf dari Sisa Ranjau Milisi Houthi

Kompas.com - 28/03/2018, 22:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

BART AL-ANAN, KOMPAS.com - Tim teknik dari pasukan Tentara Nasional Yaman telah berhasil mengekstrasi dan mengamankan hampir 2.000 ranjau darat dan bahan peledak yang ditanam milisi Houthi sebelum mereka melarikan diri.

Sumber militer angkatan bersenjata Yaman mengatakan, tim teknik telah berjuang mengeluarkan serta membongkar ranjau darat dan bahan peledak di wilayah direktorat Bart al-Anan, utara provinsi Al-Jawf selama dua hari terakhir.

Hasilnya, lebih dari 1.900 ranjau dan bahan peledak dikumpulkan dari daerah perbukitan dan dataran tinggi pegunungan di Salba dan Al-Oqeef di Bart Al-Anan.

Baca juga: Serangan Tujuh Rudal Houthi ke Arab Saudi, Iran Bantah Terlibat

"Ranjau dan bahan peledak yang diamankan oleh pasukan tentara tersebut bervariasi," kata sumber angkatan darat seperti dikutip Al Arabiya, Selasa (27/3/2018).

Ranjau dan bahan peledak tersebut ada yang menargetkan individu hingga kendaraan berat seperti tank. Selain itu juga ditemukan peledak buatan sendiri dengan berbagai ukuran.

"Tim teknik telah berhasil membersihkan seluruh situs ini dan membebaskan sepenuhnya dari ancaman ranjau," tambah sumber tersebut.

Selain membersihkan situs dari ranjau, ditambahkan sumber, tim teknik juga telah membongkar roket kendali jarak jauh yang ditujukan untuk menghancurkan tentara nasional di Bart dan beberapa wilayah perumahan di Bart, Khub dan Shaf.

"Tim teknik militer telah bekerja siang malam untuk mengamankan wilayah-wilayah yang dibebaskan dari milisi Houthi agar dapat kembali ditempati orang-orang yang sebelumnya mengungsi."

"Mereka akan dapat kembali ke kehidupan normal setelah sebelumnya pasukan pemberontak mengubah tempat tinggal mereka menjadi kawasan ranjau dan rumah mereka menjadi barak militer," tambah sumber.

Baca juga: Pasukan Pemerintah Yaman Klaim Bakal Menang Lawan Houthi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com