Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi Bahaya Tak Halangi Anak-anak Afghanistan Kembali Bersekolah

Kompas.com - 25/03/2018, 15:17 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

KABUL, KOMPAS.com - Dunya Saboori (8) meminta kepada ibunya agar membiarkannya mengenakan seragam berwarna biru. Gadis cilik itu tidak ingin terlambat masuk sekolah pada awal pekan ini yang menandai tahun ajaran baru di Afghanistan.

"Ini hampir jam 07.00 dan kita akan terlambat," keluh Dunya ketika duduk di ruang keluarga, di rumahnya, di Kabul.

Dia menyendok sarapan paginya berupa telur goreng dengan potongan roti, sementara ibunya menyiapkan ransel dan jilbab Dunya.

Setelah liburan panjang selama lebih dari dua bulan, Dunya tak sabar bertemu dengan teman-temannya.

Aktivitas semacam itu seperti yang dialami jutaan anak di seluruh dunia menjelang berangkat sekolah.

Baca juga : ISIS Klaim Bom Bunuh Diri di Afghanistan saat Pesta Tahun Baru Persia

Namun di Afghanistan yang sedang dianda perang, rutinitas mengantar dan menjemput anak-anak di sekolah merupakan hal yang penuh dengan bahaya.

Dalam konflik tanpa garis depan, warga sipil kerap terjebak situasi kekerasan mematikan.

Pelaku serangan cenderung mengeksekusi terornya pada saat jam sibuk, di mana jalanan penuh sesak oleh pejalan kaki dan kendaraan. Sementara, orangtua sering mengantar atau menjempit anak-anak sekolah.

Keamanan di ibu kota Afghanistan kian memburuk. Taliban dan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) meluncurkan beberapa serangan mematikan dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga : ISIS Klaim Serangan Bom Bunuh Diri di Kabul yang Tewaskan 41 Orang

Ibu Dunya, Maliha tentu khawatir dengan keselamatan anaknya. Namun, dia tetap memastikan anak-anaknya meninggalkan rumah tepat waktu.

Dunya dan kedua adiknya, Sana dan Sama, memakai seragamnya yang rapi disetrika, menutupi rambut hitam mereka dengan syal hitam, dan membawa tas punggung baru mereka menuju ke sekolah.

Bersama ayahnya, Baqi, keduanya di antar ke sekolah melewati jalan-jalan yang sibuk di Kabul.

Dunya dan Sana, termasuk di antara lebih dari 8 juta anak yang terdaftar di sekolah di seluruh Afghanistan tahun ini dan sekitar 40 persennya merupakan murid perempuan.

Maliha (kanan) menggendong putrinya Sama (3), sementara Sana (tengah, dan Dunya (kiri) berdiri di sampingya. (AFP/Wakil Kohsar) Maliha (kanan) menggendong putrinya Sama (3), sementara Sana (tengah, dan Dunya (kiri) berdiri di sampingya. (AFP/Wakil Kohsar)

Sementara, sekitar 3,5 juta anak usia sekolah lainnya kehilangan gedung sekolahnya yang rusak akibat konflik dan kemiskinan.

Tingkat literasi umum di Afghanistan merupakan salah satu yang terendah di dunia, hanya 36 persen.

Ketika banyak sekolah yang memulai kelas pada Sabtu kemarin, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berjanji akan memperbaiki sistem pendidikan dan menjadikannya sebagai prioritas tahun ini.

Baca juga : Akademi Militer di Kabul Diserang, 3 Prajurit Terluka

Ghani menjanjikan dana sebesar 200 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 2,7 triliun untuk pembangunan 6.000 gedung sekolah selama dua tahun ke depan.

Keamanan menjadi perhatian yang lebih besar bagi banyak orangtua. Maliha dan orangtua lainnya ingin bisa mengantar dan menjemput anak-anak perempuan mereka tanpa khawatir bom akan meledak.

"Warga sipil berada dalam bahaya di mana-mana, ini merupakan keprihatinan bagi semua keluarga Afghanistan," kata Baqi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com