Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus: Jangan Takut pada Tato

Kompas.com - 23/03/2018, 21:08 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Pemimpin Katolik Roma Paus Fransiskus meminta agar tidak takut kepada orang yang merajah tubuhnya.

Pernyataan tersebut dilontarkan Fransiskus dalam pertemuan dengan anak muda di Vatikan, seperti diwartakan oleh Sky News, Jumat (23/3/2018).

Pertemuan tersebut bertajuk "Anak Muda, Keyakinan, dan Kearifan dalam Keahlian".

Paus asal Argentina itu mencontohkan perempuan Nasrani yang ada di Eritrea. Mereka dikatakan membuat tato berbentuk salib di dahi.

Baca juga: Pria Inggris Ini Nekat Tato Hitam Sekujur Tubuhnya, Termasuk Bola Mata

Tato tersebut, kata Fransiskus, dipakai sebagai lambang kecantikan sekaligus penegasan akan keyakinan mereka.

"Selama bertahun-tahun, mereka menato tanda salib tersebut. Jadi, janganlah takut pada tato," ujar Pontiff berusia 81 tahun tersebut.

Menurut Paus Fransiskus, tato bisa menjadi sarana bagi seorang pastor yang bermaksud untuk menjangkau kalangan tertentu.

Dengan mempelajari tato, seorang pastor bisa berkomunikasi, sekaligus menyelami budaya dari orang yang ingin dia rangkul.

"Sangat penting untuk tidak merasa takut pada tato. Sebab, di balik hal yang kita anggap tidak baik, terdapat sesuatu yang menuntun kita pada sebuah kebenaran," tutur Paus Fransiskus.

Lebih lanjut, Paus dengan nama asli Jorge Mario Bergoglio tersebut berujar bahwa hal itu diperlakukan dengan serius. Sebab, mereka sering didiskriminasi dari komunitas umum.

Baca juga: Paus Fransiskus: Pria Pelanggan PSK adalah Penjahat Bermental Sakit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com