Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Apartemen di Vietnam Terbakar, 13 Orang Tewas

Kompas.com - 23/03/2018, 16:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HO CHI MINH, KOMPAS.com - Setidaknya 13 orang dilaporkan tewas akibat kebakaran yang terjadi di sebuah kompleks apartemen di Vietnam, Jumat (23/3/2018) dini hari.

Disampaikan pihak berwenang, musibah kebakaran terjadi di gedung tinggi, Plaza Carina yang ada di pusat bisnis di kota Ho Chi Minh. Api diduga berasal dari lantai bawah gedung dan merembet ke lantai atas.

Dilaporkan petugas, banyak korban yang tewas disebabkan oleh sesak napas saat mereka mencoba melarikan diri dari api ke lantai yang lebih tinggi.

"Sebanyak 13 orang dikeluarkan dalam keadaan sudah meninggal dunia, kebanyakan karena mengalami sesak napas akibat asap tebal, sementara belasan orang lainnya mengalami luka," kata pejabat dari kantor pemerintah setempat kepada AFP.

Baca juga: Sempat Terjebak, Seorang Nenek Selamat dari Kebakaran Rumahnya

Dinas Pemadam Kebakaran langsung menuju lokasi kebakaran begitu menerima laporan. Namun petugas hingga kini belum mengetahui asal api yang menyebabkan kebakaran.

Dari foto-foto yang banyak beredar di media sosial, para penghuni apartemen diselamatkan dari atas balkon yang dipenuhi asap tebal yang membumbung tinggi.

Petugas pemadam kebakaran berhasil menguasai api menjelang matahari terbit setelah berjuang selama berjam-jam.

Saat matahari terbit, terlihat sejumlah bangkai sepeda motor yang hangus, serta puing-puing sisa kebakaran mulai dibersihkan dari jalanan.

Salah seorang korban selamat, Le Thi Vang, mengatakan dalam wawancara dengan media lokal, VNExpress, dia beserta keluarganya yang tinggal di lantai dua apartemen, terbangun di tengah malam karena mendengar suara ledakan keras.

"Kami berlari keluar dan asap sudah menyebar ke mana-mana. Kami tidak tahu ke mana kami harus lari sehingga memutuskan untuk melompat dari balkon," ujarnya.

Baca juga: Kebakaran Gedung Apartemen, Seorang Ayah dan Dua Anaknya Tewas

Berdasarkan catatan, kebakaran ini menjadi yang paling mematikan di Vietnam sejak 2016, ketika kebakaran terjadi di sebuah bar karaoke di Hanoi dan menewaskan 13 orang.

Insiden kebakaran masih kerap terjadi di Vietnam di mana sistem pencegahan dan pemadaman api masih sangat terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com