Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Hari Selama 40 Tahun, Pria Uzur Ini "Ngemil" 500 Gram Pasir

Kompas.com - 20/03/2018, 20:27 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Gulf News

NEW DELHI, KOMPAS.com - Apa makanan favorit Anda? Mungkin Anda akan menjawab ayam goreng, pizza, atau mungkin sate kambing.

Sebagai selingan mungkin orang pada umumnya akan menyantap buah-buahan atau makanan kecil seperti keripik.

Namun, seorang pria uzur berusia 80-an dari negara bagian Jharkand, India memiliki hobi "ngemil" yang unik. Sebab, setiap hari dia menyantap 500 gram pasir!

Ram Ikbal Choube, warga desa Rajdaha ini mengaku sudah 40 tahun terakhir menjalankan hobinya "ngemil" pasir. Alasannya, pasir membuat tubuhnya menjadi lebih sehat.

Baca juga : Setiap Hari, Pria Ini Ngemil 3 Kilogram Cabai

Pernah dia mencoba menghentikan kebiasaan tak lazim ini, tetapi dia malah merasa perutnya tak nyaman, sehingga pasir tetap menjadi menu hariannya.

Choube, pensiunan pegawai negeri ini, mengatakan, saat masih bekerja dia pernah mengalami sakit perut selama beberapa hari.

Dia sudah pergi ke dokter dan mengonsumsi obat yang diresepkan. Hasilnya, nihil. Sakit perutnya tak kunjung hilang.

"Satu hari, karena frustrasi, saya pergi ke tepi sungai mengambil segenggam pasir dan memakannya. Ajaibnya, dalam beberapa hari sakit perut saya hilang," kata Choube kepada media lokal, Selasa (20/3/2018).

Setelah pengalaman yang "mencerahkan" itu, pasir menjadi makanan selingan Choube sehari-hari.

"Sudah 40 tahun saya terus makan pasir. Rasanya tak enak tetapi malah membuat saya sehat sepanjang hidup saya," ujar dia.

Menurut Choube, dia justru mengalami ketidaknyamanan jika tidak menyantap pasir.

Sejumlah laporan menyebut, keluarga Choube awanya melarang dia menyantap pasir karena khawatir akan mengganggu kesehatanya.

Namun, akhirnya mereka menyerah karena Choube sama sekali mengabaikan rasa khawatir keluarganya.

"Awalnya kami terheran-heran dengan kebiasaanya tetapi pasir kini sudah menjadi santapannya sehari-hari. Dia malah merasa ada yang kurang jika tidak menyantap pasir," kata Harishankar, salah satu putra Choube.

Harishankar menambahkan, awalnya Choube mengambil sendiri pasir dari sungai. Namun, karena dia semakin tua maka anak-anaknya yang kini mengambilkan pasir untuk ayah mereka.

Baca juga : Senang Ngemil? Cicipi Cumi Goreng Raksasa

Kebiasaan Choube menyantap pasir ini juga membuat dunia kedokteran di India terheran-heran.

"Amat langkah seseorang yang makan pasir untuk waktu yang lama tak menderita komplikasi kesehatan apapun. Ini sebuah keajaiban bagi saya," kata pejabat dinas kesehatan setempat, Dr B Marandi.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com