Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprotes Warga, Tugu Peringatan Perang Dunia II Batal Diresmikan

Kompas.com - 20/03/2018, 17:36 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Peresmian sebuah tugu peringatan untuk menghormati semua tentara yang gugur dalam Perang Dunia II ditunda karena protes publik.

Tugu peringatan dibuat di kota Cassino, Italia itu ditujukan untuk menghormati semua prajurit yang gugur baik dari pihak Nazi maupun Sekutu.

Asosiasi pemilik hotel di kota Cassino awalnya akan meresmikan tugu peringatan tersebut pada Minggu (18/3/2018) di Gua Foltin, di kaki gunung Monte Cassino.

Pada 1944, terjadi pertempuran sengit di Monte Cassino yang amat brutal dengan 55.000 prajurit sekutu tewas dan terluka sementara di pihak Jerman korban jatuh sebanyak 20.000 orang.

Baca juga : Rusia Peringati 75 Tahun Kemenangan di Pertempuran Stalingrad

"Untuk mengenang dan menghormati para prajurit dari semua negara yang menjadi korban pertempuran Monte Cassino yang brutal serta seluruh korban sipil Perang Dunia II," demikian teks yang tersemat dalam bahasa Inggris, Jerman, dan Italia di tugu peringatan tersebut.

Namun, Asosiasi Partisan Nasional Italia (ANPI) mengecam rencana tersebut dan menyebutnya sebagai sebuah penodaan.

"Tugu peringatan ini menyetarakan pasukan yang berjuang untuk membebaskan Italia dari pendudukan Hitler dengan pasukan yang melakukan kejahatan dan penindasan terhadap warga Italia," demikian ANPI seperti dikutip Deutsche Welle.

Sementara itu, presiden wilayah Lazio tempat kota Cassino berada, Nicola Zingaretti meminta agar penggagas tugu peringatan menghormati sejarah dan kenangan warga.

"Ini sebuah sikap yang memberi luka terhadap kenangan perang pembebasan dan penghinaan terhadap sejarah," kata Zingaretti lewat akun Twitter-nya.

Sementara senator Maria Spilabotte menyebut rencana peresmian tugu itu akan menjadi tamparan keras terhadap martabat kota tersebut.

Baca juga : Pertempuran Incheon, Sebuah Mahakarya Strategi Perang

Namun, Robert Molle dari asosiasi Pertempuran Cassino menjelaskan, tugu peringatan itu akan menjadi sebuah simbol deskriptif yang memberikan informasi kepada para turis terkait lokasi-lokasi penting pertempuran bersejarah itu.

"Sama sekali tak ada tujuan politis dari rencan ini," ujar Molle.

Sedangkan wali kota Cassino, Maria D'Allesandro justru mendukung protes warga dan menentang semua inisiatif yang mengganggu kenangan dan sensitifitas kota Cassino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com