Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Masa Kecil Penjahat Kondang Ini Ditaksir Bernilai Rp 27 Miliar

Kompas.com - 20/03/2018, 16:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

LINCOLNSHIRE, KOMPAS.com - Seorang kolektor foto, Justin Whiting (45), tak pernah menyangka sebuah foto tua yang dibelinya di situs lelang eBay bernilai lebih dari 2 juta dolar atau lebih dari Rp 27 miliar.

Justin, asal Spalding, Lincolnshire, Inggris, memang gemar mencari dan membeli foto-foto lama yang menurutnya memiliki nilai sejarah.

Pada Juli 2017 lalu, Justin membeli foto yang diyakini merupakan foto masa muda seorang penjahat kelas kakap di era abad 19, Jesse James.

Foto tersebut dijual di situs eBay seharga 10 dolar AS atau sekitar Rp. 135.000. Tanpa pikir panjang, Justin langsung membeli foto tersebut.

Baca juga: Foto Korban Kamp Konsentrasi Nazi Jerman di Auschwitz Dipublikasikan

Jesse James merupakan perampok dan penjahat terkenal yang kerap merampok bank dan kereta api pada tahun 1866-1882. Dia juga dikenal sebagai pemimpin kelompok bandit James-Younger.

Foto yang diyakini merupakan potret masa muda penjahat ternama era abad 19, Jesse James.SWNS/METRO.co.uk Foto yang diyakini merupakan potret masa muda penjahat ternama era abad 19, Jesse James.

Justin lantas membawa foto itu ke seorang pakar foto lama, Will Dunniway untuk memeriksa keautentikannya.

Usai melakukan pemeriksaan, Dunniway mengkonfirmasi keaslian foto tersebut sebagai potret asli sang perampok, Jesse Woodson James, saat berusia 14 tahun.

"Foto ini diambil sekitar tahun 1861-1862. Dan sangat meyakinkan dari bentuk wajah, potongan rambut dan pakaian yang dikenakannya, ini adalah foto Jesse James saat berusia 14 tahun," tulis laporan Dunniway.

Setelah meyakini keasliannya, Justin pun membawa foto tersebut untuk diperiksa oleh pakar forensik Kent Gibson yang kerap bekerja bersama FBI.

Senada dengan Dunniway, hasil memeriksaan yang dilakukan Gibson memastikan keaslian foto tersebut.

"Foto lama dari tokoh penjahat Billy the Kid pernah terjual hingga 5 juta dolar AS pada 2015. Jesse James juga adalah tokoh penjahat terkenal, menjadikan foto ini jelas bernilai tinggi," ujar Gibson.

Baca juga: Foto Bandit Billy The Kid Bersama Pembunuhnya Ditemukan di Pasar Loak

Justin Whiting mengaku sejak awal meyakini foto yang dibelinya adalah asli dan bisa bernilai lebih dari pada harga yang dibayarkannya.

"Saya telah lama menyukai kisah penjahat Amerika dan banyak membaca buku tentang mereka," kata Justin dikutip Metro.co.uk.

"Segalanya mungkin di eBay dan saya sering membeli foto lama seperti itu untuk dijual kembali demi sedikit keuntungan. Sama seperti orang-orang yang membeli tiket lotre."

"Tapi saya tidak pernah mengira foto itu bisa berharga jutaan dolar," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com