Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Suriah Kunjungi Pasukan di Garis Depan Wilayah Konflik

Kompas.com - 20/03/2018, 09:31 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP,NBC News

DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Suriah Bashar Al Assad mengunjungi pasukan di garis depan wilayah yang berhasil direbut dari kelompok pemberontak, di Ghouta Timur.

Dilansir dari NBC News, Senin (19/3/2018), Assad mengucapkan selamat kepada pasukan dalam kunjungan yang disiarkan oleh televisi negara.

"Kami bangga padamu," katanya.

Dia tampak mengenakan jas tanpa dasi, tersenyum dan berhenti berjalan untuk mengobrol dengan tentara. Mereka bersorak kepadanya dan mengerumuni Assad sambil mengarahkan ponsel untuk berfoto bersama.

Baca juga : Erdogan Umumkan Afrin Berhasil Direbut dari Milisi Kurdi Suriah

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah lembaga berbasis di Inggris, menyatakan pemerintah Suriah telah mengendalikan lebih dari 80 persen daerah di dekat Damaskus.

Namun, serangan pemerintah untuk memerangi kelompok pemberontak harus ditebus dengan tewasnya ratusan orang dan ribuan lainnya terpaksa keluar dari rumah untuk mencari tempat yang lebih aman.

Perebutan kembali Ghouta Timur yang dikuasai pemberontak sejak 2012 akan menandai salah satu kemenangan Assad dalam perang sipil di negara itu.

Assad mengatakan kepada para tentara bahwa mereka tidak hanya berjuang untuk mengembalikan wilayah tersebut, taou juga telah memerangi terorisme.

"Dengan setiap peluru yang kalian tembakan pada seorang teroris, kalian mengubah keseimbangan di dunia," katanya.

Baca juga : Perang Tak Kunjung Usai, Ribuan Warga Suriah Lakukan Eksodus Massal

Kunjungan pada Minggu (18/3/2018) dilakukan saat perang di Suriah memasuki tahun ke-8, perang yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Suriah dan membuat hampir setengah penduduk harus terlantas.

Serangan udara dan darat yang besar melawan kelompok pemberontak telah menewaskan lebih dari 1.400 warga sipil sejak 18 Februari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com