Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Trump adalah Ancaman Serius bagi Keamanan AS"

Kompas.com - 19/03/2018, 20:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pensiunan jenderal Amerika Serikat (AS) menyebut, Presiden Donald Trump sebagai sosok yang berbahaya.

Diberitakan The Independent Minggu (18/3/2018), Jenderal (Pur) Angkatan Darat Barry McCaffrey berkicau di Twitternya, Trump berada "dalam pengaruh" Presiden Rusia Vladimir Putin.

Mantan Direktur Kebijakan Pengendalian Obat era Presiden Bill Clinton itu menyikapi langkah yang dilakukan Trump berkaitan dengan dugaan Rusia mengintervensi Pilpres 2016.

Jumat (16/3/2018), Jaksa Agung Jeff Sessions memecat Wakil Direktur Badan Penyelidikan Federal (FBI), Andrew McCabe, dua hari sebelum dia pensiun pada Minggu.

Baca juga : Dipecat, Wakil Direktur FBI Berikan Memo soal Percakapan dengan Trump

McCabe adalah pejabat yang ikut dalam penyelidikan dugaan Trump dimenangkan oleh Rusia dalam Pilpres 2016.

Trump sering mengkritik McCabe, menyebutnya bias karena di sisi lain, dia tidak tegas menyelidiki kasus surel pribadi Hillary Clinton.

Selain itu, Trump juga dikabarkan bakal memecat ketua tim yang menyelidiki dugaan Rusia mempengaruhi pemilihan 2016, Robert Mueller.

Apalagi, dalam kicauannya di Twitter, Trump berkata Mueller seharusnya tidak menggelar penyelidikan akan dugaan intervensi Rusia.

"Sejak awal tidak ada kejahatan, dan kesimpulannya tidak ada intervensi. Dugaan itu hanya isu yang dihembuskan si payah Hillary. DASAR PENYIHIR!" kecam Trump.

"Saya menyimpulkan Presiden Trump adalah ancaman serius bagi keamanan AS. Sebab, dia selalu menolak melindungi kepentingan AS yang terus diserang Rusia," kata McCaffrey.

Selain McCaffrey, Senator asal Partai Republikan Lindsey Graham meminta Trump agar tidak memecat Mueller.

"Jika dia (Trump) melakukannya, maka hal itu bakal menjadi awal dari kehancuran pemerintahannya. Sebab, AS adalah negara hukum," kata Graham dilansir CNN via The Independent.

Baca juga : Dalam Pidato Perpisahannya, Tillerson Peringatkan soal Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com