Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Paket Bom Guncang Texas, Dua Orang Tewas

Kompas.com - 13/03/2018, 08:18 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

AUSTIN, KOMPAS.com - Dua paket bom mengguncang kota Austin, Texas, Amerika Serikat, Senin (12/3/2018), setelah ledakan mematikan juga terjadi 10 hari lalu.

Ledakan kemarin menewaskan seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun. Dia membawa paket tersebut ke rumahnya kemudian membukanya.

Seorang perempuan usia 40 tahun yang tinggal di rumah itu mengalami luka-luka.

Ledakan kedua menimpa seorang wanita tua yang kini berada dalam kondisi kritis. Dia terluka usai mengambil sebuah paket di depan rumahnya.

Baca juga : Paket Bom Pasar Natal Jerman Dipastikan Bermotif Pemerasan

Kepolisian meyakini kedua ledakan itu terkait dengan ledakan yang terjadi pada 2 Maret lalu. Seorang pria usia 39 tahun tewas setelag membuka bom paket.

"Insiden ini yang ketiga. Kami meyakini peristiwa terakhir terkait dengan yang terjadi 10 hari lalu," kata kepala polisi kota Austin, Brian Manley, dalam konferensi pers.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui informasi penting terkait insiden tersebut dapat segera menghubungi pihak berwenang.

Sementara, kantor gubernur Texas menawarkan hadiah senilai 15.000 dollar AS bagi siapa saja yang memberikan informasi untuk membantu penyelidikan.

Sejauh ini, penyidik belum menemukan bukti yang mengubungkan dengan tindakan terorisme dan belum menetapkan motif, termasuk identitas pengirim paket bom.

Baca juga : Penembakan di Texas, 4 Orang Terluka

Namun, polisi mempertimbangkan faktor kebencian rasial melatarbelakangi insiden tersebut, mengingat korban tewas merupakan warga Afrika-Amerika dan keturunan Spanyol.

"Ada dua korban yang merupakan orang Afrika-Amerika dan korban tewas wanita adalah seorang keturunan Spanyol berusia 75 tahun," ujar Manley.

Ketiga paket bom tidak dikirim melalui kantor pos atau perusahaan pengiriman lainnya. Paket-paket itu ditinggalkan di depan rumah atau pintu tanpa mengetuknya atau membunyikan bel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com