Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Orang-orang Baik, Tolong Ibu Saya yang Sakit Leukemia"

Kompas.com - 08/03/2018, 18:07 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia 10 tahun menyelinap keluar dari rumahnya dan mengemis di pusat kota untuk mengumpulkan uang pengobatan ibunya yang mengidam leukemia.

Zhang Huanyu, nama anak laki-laki itu, diantar pulang ke desanya di provinsi Jilin, China oleh sepasang suami istri yang melihatnya mengemis di kota Liaoyouan.

Di pusat kota, Zhang mengemis sambil memegang sebuah kertas karton bertuliskan,"Tolonglah, orang-orang yang baik hati, tolong ibu saya yang sakit leukemia."

Kakek dan nenek Zhang, yang seharian mencari cucu mereka, tak kuasa menahan air mata saat anak itu menyerahkan sejumlah uang.

Baca juga : Ibu Ini Nekat Bunuh Diri demi Cairkan Asuransi untuk Biaya Pengobatan Anaknya

Zhang juga meminta kakek dan neneknya mengirimkan uang itu untuk ibunya Xu Wei yang dirawat di Beijing.

Menurut laporan media setempat, Xu Wei adalah orangtua tunggal dan sudah jatuh sakit sejak 2016.

"Saya sudah besar dan saya seorang laki-laki. Saya harus melindungi ibu," kata Zhang.

"Anak lain memiliki ibu dan saya ingin ibu bisa melihat saya pergi ke sekolah, menjemput saya, dan membuatkan makanan untuk saya," tambah dia.

Saat ini keluarga Zhang amat kesulitan karena biaya pengobatan sang ibu sudah melampaui angka 1 juta yuan atau sekitar Rp 2 miliar.

Kini keluarga Zhang sudah kehabisan uang dan mulai menjual apa saja  yang tersisa termasuk rumah mereka.

Tak hanya itu, mereka kini juga terjerat utang kepada kerabat dan tetangga. Sayangnya, kondisi sang ibu tak kunjung membaik.

Saat mendengar kakek dan nenenknya mendiskusikan soal pemakaman ibunya, Zhang kemudian memutuskan untuk mengemis dan mengumpulkan uang.

Baca juga : Wanita China Jual Pelukan untuk Cari Biaya Pengobatan Putrinya

"Saya tak mau sekolah. Saya akan mengemis setiap hari untuk membiayai ongkos berobat ibu. Saya tak bisa membiarkan ibu meninggal," kata Zhang.

Pasangan suami istri yang mengantar pulang Zhang meninggalkan uang sebesar 500 yuan dan meminta kakek Zhang agar menghubungi mereka jika membutuhkan bantuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com