Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Media Zimbabwe Berhenti Gunakan Kata "Kamerad" ke Mugabe

Kompas.com - 08/03/2018, 16:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber News24

HARARE, KOMPAS.com - Media yang dikelola oleh pemerintah Zimbabwe dikabarkan "menurunkan derajat" mantan Presiden Robert Mugabe.

Dilansir News24 Kamis (8/3/2018), dua harian Zimbabwe, Herald dan Chronicle, tidak menambahkan kata Cde alias Kamerad di depan nama Robert Mugabe.

Kamerad, yang berarti teman dekat atau sekutu, merupakan gelar yang diberikan di Zimbabwe untuk pahlawan perang atau tokoh nasionalis.

Sebagai gantinya, setiap kali memberitakan Mugabe, dua harian pemerintah tersebut menggunakan kata Mr, atau Tuan Mugabe.

Baca juga : Robert Mugabe Rayakan Ulang Tahun Ke-94 dalam Kesepian

News24 memberitakan, perubahan gelar tersebut disinyalir terjadi akibat pernyataan yang diucapkan pria 94 tahun tersebut pada pekan lalu.

Pemimpin yang berkuasa di Zimbabwe selama 37 tahun tersebut menyuarakan dukungannya atas pembentukan partai oposisi baru, Front Nasional Patriotik.

Partai tersebut didirikan mantan petinggi partai penguasa Zanu-PF, Ambrose Mutinhiri, yang dikenal sebagai loyalis sejati Mugabe.

Jurnalis Zimbabwe, Hopwell Chin'ono berkicau di Twitter bahwa Mugabe sudah "menutup" dirinya sendiri dari segala penghormatan yang pantas diterima.

"Ketika media berhenti menggunakan kata Cde dan beralih ke Mr, maka segala aksi revolusioner Mugabe tidak akan diakui," kata Chin'ono.

Pencabutan gelar Cde itu juga memantik perdebatan di kalangan netizen. Mereka penasaran apakah nantinya Mugabe bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan jika meninggal kelak.

"Ketika media pemerintah berhenti menggunakan Cde, maka selanjutnya dia bisa saja memanggil Mugabe," ujar akun bernama Ali Naka.

Baca juga : Sudah Tak Berkuasa, Mugabe Masih Terima Gaji dan Fasilitas Mewah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber News24
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com