Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel dan Korut Bakal Gelar Konferensi Tingkat Tinggi April

Kompas.com - 06/03/2018, 19:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Yonhap,AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) mengumumkan bakal menggelar Konferensi Antar-Korea Ketiga yang bakal digelar bulan depan.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Keamanan Nasional Chung Eui Yong di Cheong Wa Dae atau Gedung Biru, julukan kantor Kepresidenan Korsel, Selasa (6/3/2018).

Chung menggelar konferensi pers pasca-pulang dari kunjungannya ke Korea Utara (Korut) sejak Senin (5/3/2018).

Baca juga : Kim Jong Un-Petinggi Korea Selatan Capai Kesepakatan yang Memuaskan

Dalam dua hari pertemuan, Chung dan sembilan orang perwakilan Korsel lainnya bertemu secara langsung dengan Pemimpin Korut, Kim Jong Un.

"Utara dan Selatan mencapai kesepakatan untuk menggelar konferensi ketiga yang bakal digelar akhir April di Panmunjeom," kata Chung dilansir AFP.

Panmunjom, yang terletak di Provinsi Hwanghae Utara, Korut, merupakan zona demiliterisasi, dan tempat terpercaya bagi Korut dan Korsel untuk menggelar pertemuan.

Kedua Korea tercatat telah menggelar dua kali konferensi tingkat tinggi. Yang pertama pada 2000, dan kedua di 2007.

Chung melanjutkan, Korut berjanji bakal memulihkan saluran komunikasi kedua negara. Nantinya, Kim dan Presiden Korsel, Moon Jae In, bakal menelepon jelang pelaksanaan konferensi.

Sementara diberitakan oleh Yonhap, Korut berjanji bakal menurunkan provokasi terkait uji coba nuklir di Semenanjung Korea.

"Mereka berkata tidak mempunyai alasan untuk memasang senjata nuklir jika ancaman militer yang mereka dapatkan diakhiri," beber Chung.

Baca juga : Petinggi Korsel Bakal Bertemu dengan Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com