Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Tersangka Ditahan Menyusul Penutupan Kedubes AS di Turki

Kompas.com - 05/03/2018, 21:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Fox News,AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Empat tersangka ditahan menyusul penutupan kantor kedutaan besar AS di Turki, Senin (5/3/2018). Keempat orang yang ditangkap diduga memiliki hubungan dengan kelompok teroris ISIS.

Dilansir dari Fox News, para tersangka itu semuanya berkewarganegaraan Irak. Mereka ditahan dengan tuduhan terlibat dalam ancaman serangan pada Kedubes AS di Ankara.

Dua dari para tersangka ditahan saat menumpang sebuah bus yang sedang dalam perjalanan dari kota Samsun di Laut Hitam menuju Ankara. Keduanya ditahan saat dilakukan pemeriksaan keamanan.

Dua tersangka lainnya ditahan di kota Samsun, tanpa ada keterangan lebih rinci.

Baca juga: Dapat Ancaman Keamanan, AS Tutup Kedubes di Turki

Kantor kedubes AS di Turki mengumumkan melalui laman resmi pada Minggu (4/32018), mengatakan akan tutup karena mendapat ancaman keamanan.

"Kedubes akan mengumumkan saat akan kembali dibuka, segera setelah pelayanan dapat kembali normal," tulis pernyataan kedutaan tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Sementara diberitakan AFP, otoritas Turki telah menahan 12 tersangka diduga terkait dengan ISIS menyusul penutupan kedubes AS yang dikatakan hanya akan berlangsung satu hari.

Jaksa di Ankara mengatakan, 12 tersangka yang ditahan setelah dikeluarkannya 20 surat penangkapan sebagai operasi melawan ISIS.

Dilaporkan kantor berita negara, para tersangka yang ditahan merupakan warga negara asing yang mencoba merekrut anggota untuk ISIS dan memiliki kontak dengan seseorang di zona konflik.

Baca juga: Turki Ubah Nama Jalan di Depan Kedubes AS di Ankara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com