Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Bagian AS Ini Bersiap Larang Pernikahan di Bawah Umur

Kompas.com - 05/03/2018, 19:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

FRANKFORT, KOMPAS.com - Politisi Negara Bagian Kentucky, Amerika Serikat (AS) bersiap untuk mengesahkan peraturan yang melarang pernikahan di bawah umur.

Dilaporkan The Independent Senin (5/3/2018), di bawah undang-undang yang berlaku saat ini, anak usia 16-17 tahun boleh menikah setelah mengantongi izin orangtua.

Di bawah usia tersebut, perempuan masih diizinkan menikah selama mereka telah hamil, dan ayah dari si bayi bertanggung jawab.

Namun, dalam peraturan baru, mereka yang berusia di bawah 16 tahun tidak diperbolehkan untuk menikah.

Kemudian para perempuan yang berumur 17 tahun dilarang untuk menikah dengan pria yang usianya lebih tua empat tahun dari mereka.

Baca juga : Dipengaruhi Film Porno, 6 Bocah di Bawah Umur Diduga Setubuhi Gadis 8 Tahun

Dalam pernyataannya, politisi Kentucky merujuk kepada data pernikahan di bawah umur yang terjadi di AS.

Sepanjang kurun waktu 2000-2015, tercatat ada 200.000 anak-anak berusia 18 tahun yang menikah, dengan yang termuda berusia 10 tahun.

Dalam kebanyakan kasus, seperti dilansir The Independent, pengantinnya adalah perempuan muda dengan pasangan yang berusia jauh di atas mereka.

Salah satu contohnya adalah pengakuan Donna Pollard yang menikah ketika usianya masih 16 tahun.

Saat itu, dia terpaksa menikah karena terus ditekan, baik secara fisik maupun psikologis, oleh ibu kandungnya.

Pollard bertemu dengan pria yang lebih tua hampir dua kali lipat dari usianya, dan hamil sehingga terpaksa mengundurkan diri dari sekolah.

"Saat itu, suami saya datang dengan berbagai perhatian yang saya butuhkan. Sangat mudah bagi saya untuk terjerat," kenang Pollard dilansir Courier Journal.

"Melalui aturan ini, Kentucky bakal menjadi salah satu pionir pergerakan menghapus pernikahan di bawah umur,' kata penasihat senior Tahirh Justice Center, Jeanne Smoot.

Dalam dua tahun terakhir, ada empat negara bagian AS yang telah menerbitkan peraturan untuk menekan angka pernikahan di bawah umur.

Keempat negara bagian tersebut adalah Virginia, Texas, New York, dan Florida.

The Independent melaporkan, meski mendapat banyak dukungan, rancangan legislasi itu masih ditentang oleh Yayasan Keluarga Kentucky.

Meski tidak mempermasalahkan batasan umur, kelompok itu menginginkan pasal yang masih memberikan kewenangan kepada orangtua untuk memberi izin kepada anak mereka yang memutuskan menikah muda.

Baca juga : Nyatakan Cinta ke Penumpang di Bawah Umur, Sopir Taksi Dideportasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com