Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Tembak Dirinya Sendiri di Luar Gedung Putih

Kompas.com - 04/03/2018, 16:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pria dilaporkan tewas setelah menembak dirinya sendiri, Sabtu (3/3/2018). Insiden tersebut terjadi tepat di depan Gedung Putih, AS.

Dalam pernyataannya, Dinas Rahasia AS melaporkan insiden itu terjadi sekitar pukul 11.46 pagi waktu setempat.

Seorang pria mengalami luka tembak di bagian kepala yang ditimbulkannya sendiri. Pria itu langsung tewas di tempat kejadian. Tidak ada korban lain dalam insiden tersebut.

"Pria itu tiba-tiba mendekati garis pagar di Gedung Putih Utara. Dia kemudian mengeluarkan sepucuk senjata dan melepaskan beberapa tembakan, namun tidak ada yang diarahkan ke Gedung Putih."

"Setelah melepaskan sejumlah tembakan, pria itu kemudian mengarahkan pistol kepada dirinya sendiri dan menembak kepalanya," tulis pernyataan Dinas Rahasia.

Baca juga: Protes Aturan Senjata, Para Pelajar Berbaring di Depan Gedung Putih

Dilansir dari The Guardian, identitas pelaku penembakan yang kemudian bunuh diri itu tidak diumumkan oleh Dinas Rahasia. Sementara penyelidikan tengah dilakukan oleh Departemen Kepolisian Washington DC.

Petugas juga tidak menemukan catatan kematian, namun sebuah buku dengan tulisan yang tak beraturan diamankan di lokasi kejadian.

Saat ini petugas tengah berupaya mencari pihak keluarga pelaku untuk memberitahukan kasus ini serta mencari tahu motif tindakan pelaku.

Sementara dari Gedung Putih melaporkan, Presiden Donald Trump tidak sedang berada di tempat saat insiden terjadi. Trump bersama istrinya Melania tengah berada di Florida.

Presiden Trump dilaporkan menghabiskan waktu paginya di akhir pekan dengan bermain golf sebelum kembali ke Washington untuk menghadiri acara pada malam harinya.

"Kami telah mengetahui insiden yang terjadi dan telah kami sampaikan kepada presiden," kata Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih, Hogan Gidley.

Gedung Putih sempat berada dalam status penguncian setelah insiden tersebut dan para staf dipindahkan untuk berlindung.

Baca juga: Ancam Ledakkan Gedung Putih, Pria Ini Berakhir di Penjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com