Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Krisis KFC, Polisi Kelimpungan Tangani Panggilan Darurat

Kompas.com - 01/03/2018, 13:13 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Krisis stok ayam yang terjadi pada gerai makanan Kentucky Fried Chicken (KFC) di Inggris membuat kepolisian kelimpungan.

Sebab, mereka harus menjawab telepon darurat berisi keluhan dari warga yang tidak bisa menikmati menu favoritnya di KFC.

Seperti dilansir Metro Rabu (28/2/2018), beredar rekaman seorang pria melakukan panggilan darurat ke nomor 999.

Namun, alih-alih melaporkan adanya ancaman kejahatan, pria tersebut justru berkeluh-kesah karena dia harus pergi ke gerai makanan cepat saji lain.

Baca juga : Restorannya Tutup, Ini Cara KFC Sampaikan Permohonan Maaf

"Saya tidak tahu bagaimana perasaan Anda. Namun, KFC tutup dan saya harus pergi ke Burger King. Saya tidak senang," kata pria tersebut.

Pengawas Kepolisian Manchester Besar (GMP) Mark Kenny berkata, sejak KFC mengumumkan penutupan gerainya (17/2/2018), mereka harus melayani cerita orang-orang di panggilan darurat.

Sebagai rincian, dalam satu jam pertama, GMP menerima 74 panggilan di nomor 999, dan 154 panggilan di nomor 101.

Restoran KFC di Clapham, London selatan, Inggris, merupakan satu dari sekian banyak yang ditutup pada pekan ini. (PA via metro.co.uk) Restoran KFC di Clapham, London selatan, Inggris, merupakan satu dari sekian banyak yang ditutup pada pekan ini. (PA via metro.co.uk)

"Jika orang-orang itu tidak menelepon dengan alasan yang konyol, kami bisa membantu mereka yang butuh bantuan kami," ujar Kenny.

Selain GMP, pada 20 Februari, Kepolisian Tower Hamlets sampai mengunggah sebuah kicauan di Twitter yang melarang orang-orang menggunakan layanan darurat untuk melaporkan krisis KFC.

"Ini bukan urusan polisi jika restoran tidak menyuguhkan menu yang Anda suka," demikian tweet di akun Kepolisian Tower Hamlets.

Perusahaan ayam goreng tersebut memiliki kebijakan keamanan pangan yang ketat, dan staf tidak boleh menggunakan ayam dari tukang daging setempat.

Namun, manajemen KFC belum memberikan keterangan kapan masalah pasokan akan terselesaikan. Para pekerja diberi libur hingga restoran kembali buka.

Baca juga : Ayam KFC Dijual Seharga Rp 470 Juta di Toko Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com