Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pyongyang: Sanksi Tidak Akan Bisa Hentikan Program Nuklir Korea Utara

Kompas.com - 28/02/2018, 21:26 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

JENEWA, KOMPAS.com - Korea Utara menegaskan jika ancaman dan sanksi apapun yang dijatuhkan tidak akan dapat mempengaruhi program persenjataan nuklir mereka.

Pernyataan itu disampaikan perwakilan Korea Utara dalam forum perlucutan persenjataan PBB, menyusul ancaman "tekanan maksimal" oleh Presiden Donald Trump.

"AS harus mengetahui bahwa sanksi dan tekanan tidak akan pernah mengancam (Korea Utara) dan tidak akan pernah berhasil," kata Han Tae Song, perwakilan Pyongyang dalam Konferensi Perlucutan Senjata PBB di Jenewa, Selasa (27/2/2018).

Sebelumnya, Trump mengungkapkan jika AS telah menyiapkan "sanksi terberat" yang akan dikenakan kepada Korea Utara.

Washington telah memberikan konfirmasi terkait sanksi baru tersebut, yang dikatakan bakal menargetkan seluruh kapal yang tengah dipergunakan oleh Korea Utara.

Baca juga: AS Bakal Berikan Paket Sanksi Baru ke Korea Utara

Dalam forum Badan Perlucutan Senjata PBB, perwakilan Korea Utara dengan AS kerap kali terlibat adu argumen, karena kedua pemerintahan sangat jarang saling bertemu, dan di forum tersebut mereka saling bertatap muka.

"Jika AS mengabaikan usaha tulus kami untuk memperbaiki hubungan antar-Korea dan lebih memilih memprovokasi dan konfrontasi, maka DPRK pasti akan memberi tanggapan," kata Han, menggunakan nama Republik Demokratik Rakyat Korea.

Hubungan antara Korea Utara dengan Korea Selatan belakangan tampak membaik, menyusul keikutsertaan kedua negara di ajang Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

Namun AS tampaknya tidak mempedulikan hal tersebut dan berjanji bakal tetap mempertahankan tekanan terhadap Pyongnyang.

Han mengancam, jika sanksi yang diberikan AS tetap memberikan dampak, maka Pyongyang bakal melangkah ke tahap kedua yang disebutnya merupakan hal yang sangat buruk.

"Kami akan melangkah ke tahap dua. Tahap dua mungkin menjadi hal yang sangat buruk," kata dia.

Baca juga: Korea Utara Batalkan Pertemuan dengan Wapres AS

Sementara perwakilan AS, Robert Wood, dalam forum tersebut kembali menegaskan bahwa Washington tidak akan pernah menerima Korea Utara sebagai negara berkekuatan nuklir.

Wood juga menjawab ancaman wakil Korut. "Hal itu tidak akan pernah terjadi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com