Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Paus Benediktus XVI Mengundurkan Diri

Kompas.com - 28/02/2018, 11:51 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KOMPAS.com — Pada 28 Februari 2013, Paus Benediktus XVI yang saat itu berusia 85 tahun menyatakan mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik sedunia.

Pengunduran diri ini dilakukan Paus Benediktus XVI hanya tiga pekan setelah dia menyampaikan rencana yang mengejutkan itu.

Dengan alasan usia yang semakin tua dan kesehatan yang terus menurun, Paus Benediktus XVI adalah pempimpin pertama Gereja Katolik yang mengundurkan diri selama 600 tahun terakhir.

Dua pekan setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI, Kardinal Jorge Mario Begoglio, Uskup Agung Buenos Aires, terpilih menjadi paus yang baru.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Paus Yohanes Paulus II Ditembak

Paus Benediktus XVI lahir dengan nama Joseph Ratzinger pada 16 April 1927 di Marktl, Bavaria, Jerman.

Anak seorang polisi ini kemudian masuk tentara saat Perang Dunia II pecah. Namun, Ratzinger melakukan desersi menjelang perang berakhir. Dia bahkan sempat menjadi tahanan perang sekutu dalam waktu singkat pada 1945.

Usai perang, Ratzinger banting setir dan mulai masuk ke biara pada 1951. Selanjutnya dia bekerja sebagai guru besar ilmu teologi di beberapa universitas di Jerman hingga 1977.

Saat menjadi dosen, Ratzinger ditunjuk menjadi Uskup Agung Munich dan Friesing. Pada akhir 1977, Ratzinger menjadi kardinal.

Selanjutnya, dari 1981 sampai 2005, Ratzinger menjadi kepala Kongregasi Doktrin Iman, sebuah badan yang amat berkuasa di Vatikan yang bertugas menegakkan doktrin Gereja Katolik.

Begitu kerasnya Ratzinger menjalankan tugasnya menegakkan doktrin, dia mendapatkan julukan "anjing rottweilernya Tuhan".

Pada 19 April 2005, menyusul wafatnya Paus Yohanes Paulus II, Ratzinger yang saat itu berusia 78 tahun terpilih menjadi paus ke-265 dan dia memilih nama kepausan Benediktus XVI.

Baca juga: Erdogan Bakal Temui Paus Fransiskus untuk Bicarakan Yerusalem

Selama delapan tahun masa kerjanya, Paus Benediktus XVI dikenal karena menjalankan agenda-agenda konservatif dan berhadapan dengan skandal seks para imam serta korupsi di Bank Vatikan.

Pada 11 Februari 2014, Benediktus, orang tertua yang terpilih menjadi paus sejak abad ke-18, mengumumkan rencananya mengundurkan diri.

Dia beralasan sudah tak memiliki cukup kekuatan mental dan fisik untuk memimpin salah satu organisasi keagamaan terbesar di dunia.

Pernyataan Benediktus XVI ini sama sekali tak diduga karena sepanjang sejarah Vatikan seluruh paus tetap duduk di takhta kepausan hingga meninggal dunia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com