Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Embusan Angin Amat Dingin Bekukan Eropa, 7 Orang Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 28/02/2018, 09:49 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC


LONDON, KOMPAS.com - Sebagian besar Eropa diselimuti dengan salju tebal saat embusan angin amat dingin terus menyebar.

Musim dingin Siberia yang mendapat julukan "The Beast from the East", membawa angin beku ke seluruh Eropa dengan suhu paling rendah mencapai -30 derajat Celsius.

Sebanyak 7 orang dilaporkan tewas sejak Senin (26/2/2018), lima di Polandia dan dua di Romania.

Dilansir dari BBC, Selasa (27/2/2018), Komite Internasional Palang Merah (ICRC) meminta masyarakat saling memeriksa keadaan satu sama lain di lingkungannya masing-masing.

"Hanya mengetuk pintu rumah seseorang untuk memeriksa apakah mereka memiliki semua yang mereka butuhkan," kara direktur ICRC di Eropa, Simon Missiri.

Baca juga : Salju Turun di Arab Saudi dan Beberapa Negara Timur Tengah

Tim darurat Palang Merah telah membuka tempat penampungan dan menyediakan makanan panas, serta selimut untuk ribuan orang di seluruh benua biru.

Kepolisian Polandia menyatakan, lima orang telah meninggal akibat suhu yang terus turun pada Senin lalu. Polisi juga meminta masyarakat untuk membantu orang yang lemah karena dampak salju.

Dua orang juga dilaporkan tewas di Romania pada Selasa (27/2/2018). Salah satu korban merupakan seorang perempuan berusia 83 tahun, sementara satunya seorang pria berusia 65 tahun.

Polisi Romania menutup puluhan jalan dan hampir 100 perjalanan kereta api juga dibatalkan.

Sebuah sepeda menjadi beku karena musim dingin di Eropa. (BBC) Sebuah sepeda menjadi beku karena musim dingin di Eropa. (BBC)

Pada Selasa kemarin, salju terlihat berada di lokasi penggalian kota kuno Pompeii, dekat Naples di Italia. Suhu rata-rata di wilayah tersebut pada Februari biasata tercatat 6-14 derajat Celsius.

Cuaca dingin juga menerjang Roma pada Senin lalu, dan hujan salju turun untuk pertama kalinya dalam 6 tahun terakhir.

Kantor meteorologi Jerman mencatat suhu -30 derajat Celcius di Zugspitze.

Sementara itu, AFP melaporkan jumlah korban tewas mencapai 24 orang dalam empat hari terakhir, termasuk di Perancis, Ceko, dan Italia.

Baca juga : Di Desa Terdingin Bersuhu -62 Derajat Celsius, Manusia bak Bola Salju

Cuaca dingin akan terus menyelimuti Eropa hingga akhir pekan ini. Tekanan udara yang rendah di Atlantik mengakibatkan salju yang lebat turun dan diikuti dengan hujan yang menghantam Perancis dan Spanyol.

Di Eropa sebelah utara, angin dingin akan terus berlanjut sehingga akan lebih banyak hujan salju mencapai Inggris dan Irlandia pada Kamis (29/2/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com