Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkap Kasus Penggelapan Pajak, Jurnalis Slovakia Dibunuh

Kompas.com - 27/02/2018, 13:05 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

BRATISLAVA, KOMPAS.com - Seorang jurnalis asal Slovakia dan kekasihnya tewas ditembak di kediaman mereka di kota Velca Maca sebelah timur ibu kota Bratislava.

Jasad Jan Kuciak (27) dan kekasihnya ditemukan pada Minggu (25/2/2018) malam. Demikian kepala kepolisian Slovenia, Tibor Gaspar.

Sebelumnya polisi mendatangi rumah Kuciak setelah mendapatkan laporan dari keluarga sang jurnalis yang mengkhawatirkan keadaannya.

Polisi menduga, tewasnya Kuciak ini terkait peliputannya yang mengungkap adanya penggelapan pajak dalam jumlah yang amat besar.

Baca juga : Jurnalis Tewas Ditembak Saat Udarakan Siaran Berita

Sementara itu, PM Slovakia Robert Fico mengatakan, jika tewasnya Kuciak terkait dengan pekerjaannya maka hal itu merupakan serangan terhadap kebebasan pers dan demokrasi di negeri tersebut.

Fico kemudian menawarkan uang 1 juta euro atau sekitar Rp 16,8 miliar bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi terkait pembunuhan ini.

"Kita harus menemukan pelaku pembunuhan ini sesegera mungkin dan memastikan keselamatan semua jurnalis," kata Presiden Slovakia, Andrej Kiska.

Kembali ke penyelidikan polisi, Tibor Gaspar mengatakan, Kuciak tewas akibat luka tembak di dada. Sementara sang kekasih ditembak di kepalanya.

"Diperkirakan mereka dibunuh antara Kamis hingga Minggu. Slovakia belum pernah menghadai serangan semacam ini sebelumnya," ujar Gaspar.

Kuciak bekerja untuk situs berita Aktuality.sk dan dia memang fokus menulis tentang kasus-kasus penggelapan pajak.

"Kami sangat terkejut atas kabar kematian Jan Kuciak bersama kekasihnya. Mereka adalah korban dari sebuah serangan brutal," kata penerbit Axel Springer Slovakia, yang merupakan induk dari Aktuality.sk.

"Kami menyampaikan bela sungkawa untuk keluarga, teman, dan kolega Kuciak dan kami akan berupaya sekuat tenaga membantu aparat keamanan untuk menyeret pelakunya ke pengadilan."

Dalam tulisan terakhirnya, Kuciak mengabarkan seorang pengusaha yang diduga menjual unit-unit hunian di kompleks apartemen miliknya ke perusahaannya sendiri.

Kuciak kemudian mempertanyakan alasan bisnis di balik penjualan unit-unit apartemen itu dan menduga metode penjualan tersebut adalah bagian dari upaya menghindari pajak.

Baca juga : 60 Wartawan Tewas Sepanjang 2014 dengan 40 Persen Jadi Target Pembunuhan

Tahun lalu, Kuciak pernah mengatakan, dia pernah mengajukan laporan ke polisi bahwa sang pengusaha, Marian Kocner, mengancamnya jika dia membuat tulisan baru.

Kini, kepolisian Slovakia menyelidiki semua orang yang pernah berhubungan dengan Kuciak dan polisi juga memberikan perlindungan kepada semua jurnalis Aktuality.sk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com